Daftar Isi:
  • Perkembangan industri musik di Indonesia telah mengalami kemajuan yang cukup pesat. Banyak karya musik, band dan penyanyi, serta musisi-musisi baru yang kreatif. Sayangnya perkembangan ini diikuti juga dengan tingginya kasus pembajakan dan pelanggaran hak cipta karya musik. Padahal di tengah persaingan, sangat penting bagi insan musik untuk karyanya dinikmati. Saint Loco merupakan band yang mengusung lagu-lagu yang bercerita tentang kehidupan, cinta terhadap alam, cinta terhadap sesama motivasi dan kritik sosial yang dikemas dalam musik bernuansa hip-rock membuat banyak kalangan tertarik dan menyukai Saint Loco. Kecintaan terhadap musik hiprock yang dipadu dengan lirik sarat makna yang banyak bercerita tentang kehidupan, rebel dan kritik sosial menjadi dasar bagi fans Saint Loco membentuk suatu komunitas yang bernama Familiy of Locos. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh dari dimensi brand personality terhadap minat pembelian karya musik original pada komunitas Family of Locos, yang dimediasi oleh Theory of Reasoned Action. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif. Teknik analisis yang digunakan ialah regresi linier berganda dengan variabel moderasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara brand personality dengan minat pembelian secara simultan, dan secara parsial terdapat dua dimensi dari brand personality yang signifikan, yaitu sophistication dengan hasil nilai thitung sebesar -3,483 dengan taraf signifikansi sebesar 0,001 dan rugedness nilai thitung sebesar 2,286 dengan taraf signifikansi sebesar 0,025. Namun dalam penelitian ini attitude dan subjective norm yang diambil dari model theory of reasoned action tidak terbukti mampu meningkatkan atau mengurangi pengaruh dari brand personality terhadap minat pembelian karya musik original pada komunitas Family of Locos. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung sebesar -1,885 dan memiliki taraf signifikan sebesar 0,153 sehingga brand personality bersama dengan behavioral intention tidak berpengaruh terhadap minta pembelian karya musik original dalam komunitas Family of Locos.