Deskripsi Iklim Komunikasi Dan Kepuasan Komunikasi Dalam Melihat Terjadinya Turnover Karyawan Pada Bidang Produksi (Studi Pada Perusahaan Kacang Shanghai Gangsar Ngunut-Tulungagung)

Main Author: Yunitasari, NinoFransiska
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/120192/1/BAB_IV.pdf
http://repository.ub.ac.id/120192/2/BAB_V.pdf
http://repository.ub.ac.id/120192/3/BAB_II.pdf
http://repository.ub.ac.id/120192/4/BAB_I.pdf
http://repository.ub.ac.id/120192/5/BAB_III.pdf
http://repository.ub.ac.id/120192/
Daftar Isi:
  • Perkembangan dunia industri di Indonesia belakangan ini berjalan dengan pesat. Hal ini dapat kita lihat dari banyaknya kebutuhan dan permintaan konsumen terhadap suatu barang atau jasa. Perkembangan tersebut semakin didukung oleh pemerintah dengan menjamin segala bentuk investasi industri dalam negeri. Disinilah kemudian persaingan yang semakin besar dalam memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen harus dimaksimalkan dan tentunya kemampuan untuk bertahan dengan semua tantangan yang ada harus ditingkatkan. Berdasarkan pada pemaparan diatas, maka perusahaan yang bergerak dalam bidang penyedia barang maupun jasa harus selalu berbenah mengikuti permintaan pasar. Masalah baik internal maupun eksternal sudah menjadi harga mati namun hal ini kemudian tidak boleh menjadi penghalang dalam memperlambat kerja perusahaan. Selain finansial, karyawan juga berpotensi tinggi menjadi sumber masalah. Oleh karena itu, perusahaan harus mampu mengelola mereka dengan baik. Rekreasi, pemberian penghargaan, gathering merupakan beberapa cara yang lazim dilakukan oleh perusahaan dalam rangka berkomunikasi. Tujuannya tidak lain adalah untuk menciptakan hubungan yang baik sesama anggota organisasi. Sehubungan dengan hal tersebut, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian di Perusahaan Kacang Shanghai Gangsar Ngunut-Tulungagung dengan fokus pada iklim komunikasi dan kepuasan komunikasi yang nanti pada akhirnya akan dicari keterkaitannya dengan turnover yang selama ini terjadi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Sedangkan metode pengumpulan data, teknik yang dilakukan adalah dengan melakukan wawancara. Data yang dihasilkan pada akhirnya akan dianalisis menggunakan analisis model interaktif dari Milles dan Hubberman. Hasil penelitian menyebutkan bahwa tingkat kepercayaan yang dirasakan oleh para informan rendah. Hal tersebut disebabkan oleh perasaan trauma yang pernah mereka alami akibat adanya beberapa karyawan yang melakukan kecurangan. Dalam hal ini, maka dapat disimpulkan bahwa kaitannya dengan iklim komunikasi, khususnya dalam kepercayaan perlu adanya perbaikan. Sedangkan dalam kepuasan komunikasi, ketidakpuasan dirasakan oleh para informan dalam hal kepuasan kerja yang pada akhirnya mereka atasi dengan cara bersyukur dan kepuasan pada rekan sejawat. Bagi perkembangan Ilmu Komunikasi, diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi salah satu bahan masukan tambahan khususnya dalam sub-bahasan iklim komunikasi, kepuasan komunikasi serta turnover yang terjadi pada Perusahaan Kacang Shanghai Gangsar Ngunut-Tulungagung.