Implementasi Sistem Informasi Manajemen E-Sapawarga Dalam Pembangunan Kota Surabaya (Studi Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Surabaya)
Main Author: | DwitanandaW, NindichaRizky |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/118074/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilandasi oleh masalah yang ada dalam era saat ini yang semakin kompleks dan berkembang, pemanfaatan kemajuan teknologi informasi untuk meningkatkan kemampuan mengolah, mengelola, menyalurkan, dan mendistribusikan informasi dan pelayanan publik oleh pemerintah daerah. Selain itu, pemerintah dapat mengoptimalisasi pemanfaatan kemajuan teknologi informasi untuk mengeliminasi sekat-sekat organisasi dan birokrasi, serta membentuk jaringan sistem manajemen dan proses kerja yang memungkinkan instansi-instansi pemerintah bekerja secara terpadu, melalui Sistem Informasi Manajemen yaitu e-Sapawarga. Dimana e-Sapawarga ini merupakan wadah aspirasi masyarakat dalam menyalurkan pengaduan/keluhan melalui portal media sosial Kota Surabaya. Penelitian menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini peneliti mempunyai dua fokus penelitian, yaitu: 1) Implementasi Sistem Informasi Manajemen e-Sapawarga dalam Pembangunan Kota Surabaya yang meliputi analisis sistem informasi manajemen e-Sapawarga, mekanisme sistem informasi manajemen e-Sapawarga, aktor-aktor sistem informasi manajemen e-Sapawarga, kualitas informasi e-Sapawarga, dan pelaksanaan sistem informasi manajemen e-Sapawarga dalam pembangunan Kota Surabaya. 2) Faktor Penghambat/Kendala dan Pendukung Sistem Informasi Manajemen e-Sapawarga dalam Pembangunan Kota Surabaya, meliputi faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi sistem informasi manajemen e-Sapawarga dalam pembangunan Kota Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan e-Sapawarga memiliki salah satu kelebihan dibanding dengan jejaring sosial lain seperti facebook, path, dan media sosial lainnya. Hal ini dibedakan karena e-Sapawarga ini merupakan salah satu wadah aspirasi yang dibuat oleh pemerintah kota untuk menghimpun keluhan/pengaduan dan saran secara langsung dari warga. Terkait pada pelaksanaannya Pemerintah Kota Surabaya melakukan hasil rekapitulasi dan analisis dari hasil keluhan setiap bulannya di website Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya. Akan tetapi pada pelaksanaannya seiring masuk pada tahun 2015 ditemukan fakta penurunan yang cukup drastis yaitu dimulai sejak akhir 2014 yaitu dengan minimnya animo masyarakat hingga sampai pada angka nol dan ini membuktikan tidak adanya keluhan masuk sama sekali melalui portal sapawarga. Hal ini diketahui dengan adanya perbaikan yang memakan waktu yang cukup lama oleh pemerintah sehingga masyarakat merasa monoton dan enggan melakukan pengaduan/keluhan melaui e-Sapawarga.