Daftar Isi:
  • Pelayanan publik ini merupakan sebuah tuntutan yang lahir dari masyarakat (public) yang menuntut agar mereka mendapat hak dan perlakuan yang sama oleh negara dalam beraktivitas dan mempertahankan eksistensinya sebagai warga negara.Salah satu pelayanan publik yang terus menerus melakukan perbaikan adalah pelayanan perpustakaan. Memberikan pelayanan yang profesional bukan saja menjadi kewajiban pemerintah tetapi menjadi hak masyarakat. Oleh karena itu upaya peningkatan kinerja pelayanan perlu ditingkatkan agar menjadi profesional dalam melayani masyarakat terhadap kinerja instansi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan menganalisis peningkatan Profesionalime Pelayanan Perpustakaan Umum Daerah Kota Kediri dalam meningkatkan pelayananserta kendala yang dihadapi oleh Perpustakaan Umum Daerah Kota Kediri dalam mengidentifikasi pemasalahan sehubungan dengan peningkatan profesionalisme. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif.Lokasi penelitiannya pada Perpustakaan Umum Daerah Kota Kediri.Sedangkan untuk tekhnik pengumpulan datanya meliputi wawancara, observasi, dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis memperlihatkan bahwa peningkatan profesionalisme pelayanan yang dilaksanakan oleh Perpustakaan Umum Daerah Kota Kediri sudah berjalan dengan baik meskipun masih ada kekurangannya. Hal ini dapat dilihat dengan memberikan: Pembinaan, Diklat, dan Insentif, serta kemampuan yang dimiliki pegawai perpustakaan. Sedangkan Faktor Pendukung berupa Anggarandan Lingkungan Organisasi.Faktor Penghambatnya Keterbatasan Sumber Daya Manusia, Sarana dan Prasarana, Pengguna Layanan ( masyarakat). Beberapa saran yang diberikan peneliti adalahdengan peningkatkan sarana prasarana, mengikut sertakan lebih dari 2 orang untuk mengikuti diklat, mengembangkan kembali program-program yang lebih inovatif sehingga bisa menghasilkan pelayanan yang lebih berorientasi padamasyarakat pengguna layanan.