Kualitas Pelayanan Pendaftaran Tanah Melalui Sertifikat PRONA (Proyek Nasional Agraria) (studi Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Malang)

Main Author: Rahmi, Alfia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/115027/1/051104142.pdf
http://repository.ub.ac.id/115027/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis kualitas pelayanan sertifikasi tanah melalui PRONA yang telah dilakukan oleh Kantor BPN Kab. Malang. Mengingat BPN merupakan instansi pemerintah yang memberikan pelayanan sertifikat tanah, maka dibutuhkan pelayanan yang berkualitas agar masyarakat yang belum mensertifikatkan tanahnya mau untuk mensertifikatkan tanahnya. Untuk itu diperlukan pelayanan yang berkualitas dalam sertifikat tanah melalui PRONA. Dengan adanya PRONA sangat membantu masyarakat yang kurang mampu untuk bisa mensertifikatkan tanahnya karena semua biaya PRONA ditanggung oleh pemerintah melalui APBN. Metode kualitatif deskriptif digunakan untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis fenomena-fenomena yang terjadi. Dalam metode kualitatif ini menggunakan metode observasi, metode wawancara terhadap karyawan yang terlibat dan pelanggan, serta metode dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan sertifikat PRONA dapat dikatakan berkualitas, karena semua unsur pelayanan yang berkualitas dapat dipenuhi oleh BPN dalam pelayanan sertifikat PRONA. Penelitian ini juga menunjukkan dengan adanya kemampuan pegawai yang yang dimiliki oleh BPN, sarana dan prasarana yang menunjang dan tingkat penyelesaiaan sertifikat tanah dalam satu tahun anggaran merupakan faktor yang mendukung dalam pelaksanaan pelayanan sertifikat PRONA. Sedangkan kurangnya sumber daya manusia bidang pengukuran, anggaran PRONA dan waktu pengumpulan data yuridis merupakan faktor yang menghambat dalam pelaksanaan pelayanan sertifikat tanah melalui PRONA