Efektifitas Sistem Informasi dan Komunikasi Publik Dalam Penyampaian Informasi Kepada Masyarakat Studi Pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang
Main Author: | ArifAfriyanto |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/114578/1/051003567.pdf http://repository.ub.ac.id/114578/ |
Daftar Isi:
- Pembangunan merupakan langkah atau upaya untuk mencapai suatu perubahan kearah yang lebih baik. Upaya yang dilakukan didalam memenuhi sasaran dan tujuan pembangunan adalah dengan mengembangkan sistem kelembagaan yang berfungsi sebagai alat agar tujuan dan sasaran tersebut dapat berfungsi secara efektif dan efisien. Manajemen pembangunan yang dilakukan adalah dengan mensinergiskan atau mengkoordinasikan seluruh elemen yang ada untuk bekerjasama didalam mencapai tujuan bersama. Untuk mewujudkan tujuan pembangunan, tanpa didukung oleh sistem informasi dan komunikasi publik yang memadai mungkin kemajuan tersebut kurang berjalan secara maksimal. Di beberapa daerah di Indonesia telah mengembangkan sistem informasi dan komunikasi publik untuk mendukung pelaksanaan pembangunan sehingga dari pengembangan yang dilakukan dapat membawa dampak yang cukup berarti. Yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah efektifitas sistem informasi dan komunikasi publik Pemerintah Kota Malang dalam penyampaian informasi kepada masyarakat dan apa faktor pendukung dan penghambat sistem informasi dan komunikasi publik Pemerintah Kota Malang dalam penyampaian informasi kepada masyarakat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun fokus penelitian ini adalah: 1) Efektifitas sistem informasi dan komunikasi publik Pemerintah Kota Malang sebagai alat penyampaian informasi kepada masyarakat, antara lain: a) Peningkatan dan pengembangan pelayanan informasi dan komunikasi, b) Pengembangan sistem jaringan informasi antar-SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) Kota Malang, c) Pelaksanaan penyampaian informasi kepada masyarakat, 2) Faktor pendukung dan penghambat dari sistem informasi dan komunikasi publik Pemerintah Kota Malang sebagai alat penyampaian informasi kepada masyarkat, a) Internal terdiri dari; 1) Sumber daya manusia, 2) Sarana dan prasarana, 3) Keuangan, b) Eksternal terdiri dari ; 1) Masyarakat. Lokasi dalam penelitian ini adalah Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang metode pengumpulan data adalah menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan Teknis analisis data menggunakan metode analisis data yaitu data reduction , data display , dan conclution drawing atau verification . Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: upaya yang dilakukan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang dalam penyampaian informasi kepada masyarakat dapat berjalan cukup efektif, akan tetapi kurang maksimal dalam memfungsikan media yang ada karena ada beberapa masyarakat tidak mengetahui penyampaian informasi yang dilakukan dan adanya media tersebut juga kurang diketahui bahkan difahami oleh masyarakat. Pada penilitian ini saran yang diberikan oleh penulis adalah; 1) Memberikan pelatihan teknis tentang pengelolaan data/komputersasi kepada pegawai sehingga dapat menjawab kebutuhan tentang kurangnya tenaga terampil/professional, memperbaiki mekanisme sistem birokrasi yang berbelit sehingga proses pelayanan informasi kepada masyarkat dapat berjalan dengan maksimal, serta memperbaiki mental pegawai yang masih rendah disiplin kerjanya dan memberikan pemahaman kepada pegawai agar memperbaiki mutu kinerjanya. 2) Mengoptimalkan pendanaan yang ada dengan melaksanakan prinsip efesiensi anggaran dan membuat kegiatan yang bermanfaat sehingga tercipta efektifitas dalam kinerja. 3) Mengoptimalkan media informasi dan komunikasi yang ada sehingga dapat tercapai tujuan yang telah ditentukan. 4) Memberikan rangsangan kepada masyarakat agar berperan aktif dengan melakukan sosialisasi secara terus-menerus dan memberikan pendidikan yang berbasis teknologi kepada masyarakat sehingga media informasi dan komunikasi yang ada dapat berjalan dengan optimal.