Perbedaan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa Pembelajar Bahasa Prancis Sejak di SMA dan Mahasiswa Pembelajar Pemula di Program Studi Bahasa dan Sastra Prancis Universitas Brawijaya
Main Author: | Azizah, Siti Nafiatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/107/1/Siti%20Nafiatul%C2%A0Azizah.pdf http://repository.ub.ac.id/107/ |
Daftar Isi:
- Mahasiswa baru program studi Bahasa dan Sastra Prancis Universitas Brawijaya datang dari berbagai latar belakang. Salah satunya adalah latar belakang pembelajaran Bahasa Prancis di SMA. Beberapa mahasiswa baru sudah pernah belajar Bahasa Prancis sejak di SMA dan beberapa mahasiswa belum pernah belajar Bahasa Prancis sebelumnya. Para mahasiswa tersebut memulai perkuliahan dari awal dengan porsi yang sama. Untuk itu, dengan penelitian ini peneliti bertujuan untuk mengetahui (1) motivasi dan hasil belajar mahasiswa pembelajar Bahasa Prancis sejak di SMA dan mahasiswa pembelajar pemula, (2) mengetahui faktor-faktor yang melatarbelakangi perbedaan motivasi dan hasil belajar mahasiswa pembelajar Bahasa Prancis sejak di SMA dan mahasiswa pembelajar pemula. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendeskripsikan datadata dengan jelas dan sistematis. Penelitian deskriptif dilakukan, karena penelitia ini bertujuan untuk menganalisis motivasi dan hasil belajar yang dimiliki oleh subyek penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya beberapa temuan, antara lain: subyek kelompok X (kelompok mahasiswa pembelajar Bahasa Prancis sejak di SMA) memiliki motivasi belajar yang lebih tinggi daripada subyek kelompok Y (kelompok mahasiswa pembelajar pemula, hasil belajar mahasiswa kelompok X juga lebih tinggi daripada hasil belajar mahasiswa kelompok Y. Selain itu, ada beberapa faktor yang juga mungkin turut mempengaruhi perbedaan motivasi dan hasil belajar tersebut. Faktor-faktor tersebut antara lain: alasan memilih program studi, minat belajar bahasa Prancis, tingkat kepercayaan diri, pengaruh orang lain pada saat memilih program studi, dan cara belajar diluar pembelajaran kelas. Untuk itu, peneliti menyarankan agar para pembelajar bahasa kedua dapat meningkatkan faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran bahasa kedua tersebut.