Pemaknaan Audiens Perempuan atas Konsep Kecantikan dalam “Akun Cantik” Instagram (Analisis Resepsi pada Followers Perempuan Akun @bidadarium)

Main Author: Charunia, Maria Intan
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/10581/
Daftar Isi:
  • Fenomena kemunculan “akun cantik” kini bukan menjadi hal baru lagi. “Akun cantik” merupakan akun Instagram yang berisi foto-foto mahasiswi cantik dari berbagai universitas di Indonesia. Akun @bidadarium merupakan salah satu “akun cantik” yang cukup populer di Malang. Akun tersebut dikelola oleh admin laki-laki dan diikuti oleh berbagai kalangan dari laki-laki hingga perempuan. Pemaknaan audiens terhadap konten media selalu beragam. Perempuan cenderung membandingkan diri mereka dengan perempuan lain karena menganggap hal tersebut sebagai sebuah kompetisi untuk menjadi yang paling cantik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemaknaan followers perempuan atas konsep kecantikan dalam akun Instagram @bidadarium. Penelitian kualitatif ini menggunakan analisis resepsi Klaus Bruhn Jensen dengan memakai teknik analisis data yang terdiri dari pengumpulan data, analisis data, dan interpretasi data. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara kepada admin serta diskusi FGD (Focus Group Discussion) dengan followers perempuan akun @bidadarium. Selanjutnya dilakukan interpretasi terhadap hasil analisis encoding dan decoding agar dapat ditarik kesimpulan untuk mengetahui hasil dari penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah “akun cantik” @bidadarium dimaknai sebagai akun yang bertujuan untuk menunjukkan keberadaan perempuan cantik di Universitas Negeri Malang. Tampil dalam akun tersebut merupakan suatu kebanggaan atau prestise bagi mahasiswi UM. Followers juga dapat bertindak sebagai produsen sekaligus konsumen dari makna kecantikan dengan admin sebagai gatekeeper.