Perbedaan Skor Pengetahuan Terkait Gizi Seimbang Pada Ibu Menyusui Yang Diberikan Edukasi Gizi Melalui Media Website Dan Booklet Di Kota Malang
Main Author: | Tritya, Defanda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/1022/1/Defanda%20Tritya.pdf http://repository.ub.ac.id/1022/ |
Daftar Isi:
- Angka Kematian Bayi (AKB) di Indonesia masih tergolong tinggi. Salah satu upaya untuk menekan AKB adalah dengan pemberian ASI eksklusif yang erat kaitannya dengan status gizi Ibu menyusui. Media website merupakan media online yang jangkauannya luas sedangkan media booklet merupakan media cetak yang dianggap efektif dalam meningkatkan pengetahuan ibu menyusui yang dapat mempengaruhi status gizi ibu menyusui. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui perbedaan skor pengetahuan terkait gizi seimbang pada ibu menyusui yang diberikan edukasi gizi melalui media website dan booklet di Kota Malang. Desain penelitian yang digunakan adalah quasy experimental study dengan pre-test and post-test design. Jumlah sampel adalah 49 orang yang diambil dengan cara multistage sampling dan purposive samping. Variabel yang diteliti adalah skor pengetahuan pada saat pre-test, post-test pertama, dan posttest kedua. Hasil analisis pada penelitian ini menunjukkan perbedaan perubahan skor dari pre-test ke post-test 1 antara kedua media sebesar p = 0.884, dari pretest ke post-test sebesar p = 0,189 dan dari post-test 1 ke post-test 2 sebesar p = 0,07 yang berarti tidak ada perbedaan skor pengetahuan terkait gizi seimbang pada ibu menyusui yang signifikan (p > 0,05) antara kelompok website dan booklet. Namun, pada penelitian ini terdapat peningkatan pengetahuan yang signifikan (p < 0,05) tentang gizi seimbang ibu menyusui antara sebelum dan sesudah diberikan edukasi gizi dengan media booklet maupun dengan media website. Pada penelitian selanjutnya dapat digali data terkait frekuensi ibu menyusui dalam membuka dan membaca intervensi yang diberikan.