Improving Reading Comprehension Ability By Using D-R-T-A Strategy For The Eighth Year Students Of Mts Ibnu Hajar Gondanglegi Malang
Main Author: | Pratama, Haris |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/102033/ |
Daftar Isi:
- Banyak siswa di negara-negara yang menempatkan Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing, seperti hal nya di Indonesia kesulitan dalam belajar bahasa Inggris. terutama siswa di tingkat SMP. Masalah utama dari mereka adalah karena bahasa Inggris sangat berbeda dengan bahasa asli mereka. Khususnya ketika belajar keterampilan membaca. Membaca adalah salah satu keterampilan bahasa Inggris yang harus dikuasai oleh siswa di sekolah. Masalah yang sering terjadi ketika siswa diminta untuk memahami teks. Mereka kesulitan untuk mendapatkan informasi dari teks karena masalah pemahaman kosa kata. Berdasarkan penelitian awal (preliminary study) yang dilakukan di MTs Ibnu Hajar Gondanglegi, terutama di VIII-A Class, sebagian besar siswa mendapat kesulitan pada pemahaman arti kata-kata dalam teks. Dengan demikian, peneliti mengusulkan strategi DRTA untuk meningkatkan kemampuan membaca dan memahami teks di kelas VIII-A MTs Ibnu Hajar Gondanglegi. Dengan menggunakan DRTA Strategi siswa dibimbing untuk membaca langkah demi langkah berdasarkan tahapan DRTA. Pada tahap pre-reading dari strategi DRTA, sebelum membaca, siswa dipandu untuk mengingat kembali pengetahuan mereka untuk memberikan prediksi terhadap teks Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas untuk mengatasi Masalah siswa berkaitan dengan kemampuan membaca pemahaman. Instrumen penelitian yang digunakan adalah wawancara, angket, daftar pengamatan, catatan lapangan dan test tulis. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari dua pertemuan pada setiap siklus. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif.