Peningkatan Pemahaman Bacaan dengan Pendekatan Interaktif

Main Author: Subadiyono, Subadiyono
Format: Article PeerReviewed application/pdf
Terbitan: FKIP Unsri , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.unsri.ac.id/4219/1/Cover.pdf
http://eprints.unsri.ac.id/4219/2/Isi.pdf
http://eprints.unsri.ac.id/4219/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca mahasiswa. Sampel penelitian adalah mahasiswa semester kedua pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia tahun akademik 2003—2004. Data didapatkan melalui tes, observasi, kuesioner, wawancara, rekaman audio-visula, catatan lapangan, dan peneliti sendiri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan interaktif dalam pengajaran membaca dapat meningkatkan pemahaman dan kemampuan membaca mahasiswa. Berdasarkan cloze test procedure, tingkat membaca mahasiswa pada tingkat independen dapat ditingkatkan, tingkat instruksional dapat dikurangi dan tingkat frustasi dapat dihilangkan. Berdasarkan hasil multites, kemampuan membaca literal, inferensi, reorganisasi, evaluasi, dan apresiasi dapat dikembangkan