Pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar fisika siswa di kelas X IPA SMA Negeri 19 Palembang

Main Author: Hervin Nurandi
Format: Book
Bahasa: ind
Terbitan: Fak. Keguruan Dan Ilmu Pendidikan , 2014
Subjects:
Online Access: http://digilib.unsri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=716
http://digilib.unsri.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/FKIP.jpg.jpg
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaranberbasis masalah terhadap hasil belajar fisika siswa di kelas X IPA SMA Negeri 19Palembang pada pokok bahasan alat-alat optik. Desain yang digunakan dalampenelitian ini adalah desain quasi-experimental dengan pretest-posttest control groupdesign. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas X IPA SMA Negeri 19 Palembangdan sampel penelitian ini adalah kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XIPA 4 sebagai kelas kontrol yang berjunlah 72 siswa pada semester genap tahunajaran 2013-2014. Penelitian dilaksanakan sebanyak 7 kali pertemuan, dengan teknikpengumpulan data menggunakan tes. Hasil penelitian ini diperoleh data N-gain kelaseksperimen sebesar 0,45 (kategori sedang) dan N-gain kelas kontrol 0,09 (kategorirendah). Hasil uji t dari nilai hasil belajar siswa diperoleh thitung > ttabel (15,56 >1,668). Dengan demikian Ho yaitu tidak ada pengaruh penerapan model pembelajaranberbasis masalah terhadap hasil belajar fisika siswa, ditolak dan Ha yaitu adapengaruh positif penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasilbelajar fisika siswa diterima. Ini menunjukkan bahwa ada pengaruh positif penerapanmodel pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar fisika siswa di kelas XIPA SMA Negeri 19 Palembang.Kata Kunci : model pembelajaran berbasis masalah, hasil belajar
  • xi,152 hlm. : ilus.