Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia Di Kelas XI IPA 2 SMA Islam Az-Zahrah Palembang

Main Author: Rindah Cahayati
Format: Book
Bahasa: ind
Terbitan: Fak. Keguruan Dan Ilmu Pendidikan , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unsri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=281
http://digilib.unsri.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/FKIP.jpg.jpg
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaranStudent Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajarsiswa pada mata pelajaran kimia di kelas XI IPA 2 SMA Islam Az-ZahrahPalembang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakandalam tiga siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembarobservasi dan tes akhir siklus. Rata-rata hasil belajar kognitif siswa sebelumtindakan (T0) sebesar 60,41 dengan ketuntasan sebesar 10,34%. Pada siklus I (T1)rata-rata hasil belajar siswa yaitu 65,09 dengan ketuntasan sebesar 52,17%. Padasiklus II (T2) sebesar 74,81 dengan ketuntasan sebesar 65,38%. Pada siklus III(T3) sebesar 78,78 dengan ketuntasan sebesar 85,19%. Hasil penelitian denganmenerapkan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswapada mata pelajaran kimia ditunjukkan dari T3>T2>T1>T0. Berdasarkan hasilpenelitian tersebut, peneliti menyarankan kepada para guru yang mempunyaimasalah yang sama dalam pembelajaran dapat menerapkan model pembelajaranSTAD agar hasil belajar siswa dapat meningkat.Kata kunci: Student Teams Achievement Division (STAD), Hasil Belajar
  • xiv, 225 hlm. : ilus