Daftar Isi:
  • Judul skripsi ini adalah “Analisis Keberadaan Selebgram Endorsment Terhadap Minat Beli Pada Produk Shampo Pantene (Studi Kasus Pada Mahasiswa FEBI UIN Imam Bonjol Padang)”disusun oleh Yusna Nofiarni Nim 1513060147. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat beli produk Shampo pantene dikalangan mahasiswa FEBI. Peneliti ini melakukan dengan cara wawancara kepada mahasiswa FEBI UIN Imam Bonjol Padang. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Dalam penelitia ini peneliti mengambil 94 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif yaitu proses menyederhanakan data kedalam bentuk yang mudah dibaca. Dari 110 Mahasiswa dilakukan survei awal yang diteliti terdapat 94 Mahasiswa menggunakan shampo pantene berdasarkan Instagram dan 16 lainnya tidak berdasarkan instagram akan tetapi tetap memakai shampo Pantene. Terdapat mahasiswa FEBI UIN Imam Bonjol Padang laki-laki maupun perempuan hampir menyeluruh menggunakan aplikasi instagram dan terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli pada produk shampo pantene berdasarkan kualitas dengan 14,9% kualitas yang dimunculkan oleh produk shampo pantene sangat bagus dan cocok bagi kulit kepala para responden, dan brand/merek 18,1% sangat cocok untuk sebuah produk shampo pantene dan sangat cocok dengan kualitas yang dirasakan berdasarkan bran/merek, dan kemasan 13,8% kemasan produk shampo pantene sangat bagus untuk sebuah produk pantene, dan harga 12,8% produk shampo pantene dari segi harga tidak terlalu mahal dan sangat pas dengan kualitas yang dirasakan, dan dengan selebgram endorsment 40,4% dan ternyata dari segi faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli lebih dominan setelah melihat endors shampo pantene yang diendors oleh Celebriti Anggun Cipta Sasmi sangat besar dan banyak diminati oleh para konsumen. Kata kunci : selebgram endorsment, minat beli