Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Kenampakan Permukaan Bumi Melalui Media Visual di Kelas III SDN No. 01 Tabongo Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo

Main Author: SULASTRI M. HABIBIE
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Di
Iii
Sdn
No.
01
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151411307/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-tentang-kenampakan-permukaanbumi-melalui-media-visual-di-kelas-iii-sdn-no-01-tabongo-kecamatan-tabongo-kabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Sulastri Habibie. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Kenampakan Permukaan Bumi Melalui Media Visual di Kelas III SDN No. 01 Tabongo Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Djotin Mokoginta, M.Pd., Pembimbing II Meylan Saleh, S.Pd., M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang kenampakan permukaan bumi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang kenampakan permukaan bumi melalui media visual di kelas III SDN No. 01 Tabongo Kec. Tabongo Kab. Gorontalo. Hipotesis tindakan yaitu jika dalam pembelajaran IPA tentang kenampakan permukaan bumi, guru menggunakan media visual maka hasil belajar siswa kelas III SDN No. 01 Tabongo, akan meningkat. Melalui penerapan media visual, pada siklus I, data yang diperoleh yaitu jumlah siswa yang memperoleh nilai 75 ke atas terdapat 17 orang siswa dari 28 orang siswa, atau sebanyak 60,71%. dan untuk daya serap siswa 68,57%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada pelaksanaan tindakan siklus I dengan menggunakan media visual, belum mencapai indikator kinerja yakni 75%. Oleh karena indikator kinerja belum tercapai maka dilakukan penelitian lanjutan pada siklus II, data yang diperoleh mengalami peningkatan yang siknifikan yaitu siswa yang memperoleh nilai 75 ke atas berjumlah 22 orang siswa atau 78,57%. Sedangkan untuk daya serap pada siklus II yaitu 84,29%. Kalau kita melihat hasil perolehan siklus I dan siklus II terjadi peningkatan perolehan hasil belajar sebesar 15,72%. Berdasarkan hasil capaian tersebut di atas maka penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA khususnya pada materi kenampakan permukaan bumi.