Daftar Isi:
  • Pembelajaran pada anak pada dasarnya merupakan suatu proses komunikasi antara guru dengan anak didik, pembelajaran bisa dilaksanakan dimana saja, kapan saja, dalam keadaan apapun. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui strategi guru dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa di MI Al Huda Pancur Mayong Jepara. (2) Untuk mengetahui strategi guru dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa dalam pembelajaran tadabur alam pada mata pelajaran aqidah akhlak di MI Al Huda Pancur Mayong Jepara. (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi guru dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa melalui pembelajaran tadabur alam pada mata pelajaran aqidah akhlak di MI Al Huda Pancur Mayong Jepara. Penelitian ini merupakan pendekatan penelitian kualitatif. Sesuai jenis penelitian, maka penelitian ini adalah jenis penelitian field research pada kelas V. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dan transferability. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Strategi guru dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa di MI Al Huda Pancur Mayong Jepara, Guru membimbing siswa untuk melakukan kegiatan yang berakhlakul karimah dengan membaca asma’ul husna, menghafal surat pendek, membaca yasin, berjanzinan, istighosah, mengenalkan tentang kebesaran Allah (adanya tumbuhan, binatang, batu-batuan, gunung, lautan). Sehingga peserta didik mempunyai kesadaran untuk meningkatkan keimanan kepada Allah dan sebagai makhluk sosial harus bisa mengelola, menjaga dan melestarikan lingkungan alam dan mensyukuri atas nikmat sang pencipta. (2) Strategi guru dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa dalam pembelajaran tadabur alam pada mata pelajaran aqidah akhlak di MI Al Huda Pancur Mayong Jepara, Guru mengajak siswa untuk melihat alam sekitar dan memperkenalkannya bahwa alam semesta beserta isinya ada yang menciptakan. Sehingga siswa bisa bertambah keimanan dan rasa syukur atas nikmat yang diberikan Allah. Dalam mata pelajaran akidah akhlak memberikan bimbingan kepada peserta didik agar memahami, menghayati dan menyakini kebenaran Agama Islam serta bersedia mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari. (3) Faktor pendukung: antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran tadabur alam, meningkatkan pengembangan kemampuan sosial, sikap, nilai kemasyarakatan pada siswa yaitu sikap mencintai lingkungan alam. Faktor penghambat: membutuhkan banyak waktu terkadang sampai melebihi jam pelajaran, saat bertadabur alam sulit mengkondisikan siswa