PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (Project-Based Learning) DALAM MATERI EKOLOGI
Main Author: | Umar, Muhammad Agus |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
, 2018
|
Online Access: |
http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/bio/article/view/194 http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/bio/article/view/194/181 |
Daftar Isi:
- AbstrakDunia pendidikan saat ini dihadapkan pada sejumlah tantangan yang semakin berat. Salah satu tantangan nyata adalah bahwa lembaga pendidikan harus mampu menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi utuh. Peserta didik dituntut untuk memliki kompetensi dan pengetahuan yang luas, kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir kreatif dan berkomunikasi dalam bekerja sama. Strategi yang dapat digunakan untuk menjawab tantangan tersebut adalah dengan menerapkan pendekatan saintifik dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana menerapkan konsep pendekatan saintifik dalam kegiatan pembelejaran khususnya materi ekologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literature. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan pendekatan saintifik dengan metode pembelajaran berbasis proyek (project-based leraning) sangat efektif untuk dapat digunakan pada kegiatan pembelajaran biologi khususunya pada materi ekologi, dimana langkah-langkah dalam metode ini dapat menjadikan kegiatan pembelajaran lebih bermakna. Penerapan pendekatan saintifik dengan model pembelajaran berbasis proyek, akan meningkatkan daya tarik siswa, menumbuhkan sikap, pengetahuan dan keterampilan siswa sehingga pembelajaran diharapakan mampu melahirakan peserta didik yang produktif, kreatif, inovatif dan efektif melalui penguatan sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara terintegrasi. Kata Kunci : pembelajaran berbasis proyek, pendekatan saintifik,materi ekologi