IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF GIRILOYO 1 IMOGIRI TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Main Author: ZUNITA, ZUNITA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://elibrary.almaata.ac.id/1637/1/ABSTRAK%20BAB%201%20DAPUS.pdf
http://elibrary.almaata.ac.id/1637/
http://elibrary.almaata.ac.id
Daftar Isi:
  • Latar Belakang: Upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan adalah dengan melakukan perubahan kurikulum. Kurikulum yang diterapkan saat ini adalah pembelajaran tematik. Pembelajaran tematik akan terlaksana dengan baik apabila seluruh kegiatannya (perencanaan, pelaksanaan dan penilaian) dilakukan dengan baik pula. Tujuan Penelitian: Mengetahui penerapan dan mengidentifikasi kendala implementasi pembelajaran tematik mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan penilaian di kelas III MI Ma’arif Giriloyo I Imogiri. Metode Penelitian: Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, jenis penelitiannya adalah deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas III dan guru kelas. Lokasi penelitian di MI Ma’arif Giriloyo I Imogiri. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil Penelitian: Implementasi pembelajaran tematik di kelas III dilaksanakan sesuai standar proses pendidikan dan standar penilaian pendidikan. Kendala dalam implementasi pembelajaran tematik adalah ketika akan menentukan strategi dalam RPP guru masih kesulitan, pengkondisian kelas yang kurang maksimal, keterbatasan waktu untuk melaksanakan pembelajaran dan penilaian. Kesimpulan: Implementasi pembelajaran tematik dilaksanakan sesuai dengan standar proses dan standar penilaian pendidikan. Kata kunci: Implementasi, Pembelajaran tematik, kelas III