PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA
Main Author: | NURMAYANI, 1723021007 |
---|---|
Format: | Masters NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/65645/1/1.ABSTRAK%20TESIS.pdf http://digilib.unila.ac.id/65645/2/2.TESIS%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/65645/3/3.TESIS-FULL-TANPA-BAB-PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/65645/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA Oleh: Nurmayani Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan pengembangan model pembelajaran discovery learning berbasis pendekatan matematika realistik yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Tahapan pengembangan ini dimulai dari studi pendahuluan, penyusunan pengembangan pembelajaran, validasi, uji coba lapangan awal, dan uji lapangan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Pringsewu tahun pelajaran 2019/2020. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, angket, dan tes keterampilan berpikir kritis. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji validitas pengembangan pembelajaran, uji validitas materi dan uji validitas media oleh ahli yang berkompeten.. Penelitian ini terbatas pada ruang lingkup validasi ahli dan diharapakan peneliti lain yang memiliki tujuan penelitian yang sama dapat melanjutkan penelitian ini. Kata kunci: discovery learning, keterampilan berpikir kritis, matematika realistik