ANALISIS KINERJA DAN STRATEGI PENGEMBANGAN AGROINDUSTRI BAKSO SKALA USAHA KECIL DAN MIKRO DI KOTA BANDAR LAMPUNG

Main Author: FEBRIKO FAJAR ALAFIM, 13141310410
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS PERTANIAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/65041/1/1.%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/65041/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/65041/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/65041/
Daftar Isi:
  • The purpose of this study was to analyze the performance and development strategy of the small and micro scale meatball agro-industry. This research was conducted in Bandar Lampung City, Lampung Province using a survey method. This research involved 22 owners of meatball agro-industries and 105 consumers. The data analysis method used in this research is descriptive quantitative and qualitative. The management of agro-industry performance is seen from two perspectives, namely financial and customer perspectives as measured through revenue analysis and CSI, while development strategies are formulated using SWOT analysis. The results showed that the customers were very satisfied with the products and services offered by the meatball agro-industries. Small and micro scale meatball agroindutries are also feasible to run with R / C values of 1.50 and 1.71. The combination of IFE values of 0.338 and EFE of 0.104 shows the business position is in quadrant 1. This shows that the meatball agro-industry of small and micro scale businesses is in the growth area. Three priority strategies to develop the meatball agroindustry at small and micro scale businesses are to produce quality products to keep consumer satisfaction high, optimize the capital owned to keep consumer satisfaction high, take advantage of products that are widely popular, and raw materials that are easily available to improve sales. Key words: customer performance, CSI, financial performance, priority strategies, revenue Tujuan penelitian ini adalah menganilsis kinerja dan strategi pengembangan agroindustri bakso skala usaha kecil dan mikro. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung menggunakan metode survei. Penelitian ini melibatkan 22 agroindustri bakso dan 105 konsumen. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Pengkuruan kinerja agroindustri dilihat dari dua perspektif yakni perspektif keuangan dan pelanggan yang diukur melalui analisis pendapatan dan CSI, sedangkan strategi pengembangan dirumuskan menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelanggan sangat puas terhadap produk dan pelayanan yang ditawarkan agroindustri bakso. Agroindutsri bakso skala usaha kecil dan mikro juga layak untuk diusahakan dengan nilai R/C sebesar 1,50 dan 1,71. Kombinasi nilai IFE sebesar 0,338 dan EFE sebesar 0,104 menunjukkan posisi bisnis pada kuadran 1. Hal ini menunjukkan bahwa agroindustri bakso skala usaha kecil dan mikro berada pada area pertumbuhan. Tiga strategi prioritas untuk dapat mengembangkan agroindustri bakso skala usaha kecil dan mikro adalah menghasilkan produk yang berkualitas untuk menjaga kepuasan konsumen tetap tinggi, mengoptimalkan modal yang dimiliki untuk menjaga kepuasan konsumen tetap tinggi, memanfaatkan produk yang telah banyak digemari dan bahan baku yang mudah didapat untuk meningkatkan penjualan. Kata kunci : CSI, kinerja finansial, kinerja pelanggan, pendapatan, SWOT