EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE DITINJAU DARI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 26 Bandarlampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020)
Main Author: | CATUR KURNIASARI, 1653021004 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/63936/1/1.%20ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/63936/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/63936/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/63936/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif tipe think talk write ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 26 Bandarlampung semester genap tahun pelajaran 2019/2020 yang terdistribusi dalam tujuh kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII.F dan kelas VII.G yang terpilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes uraian pada materi aritmatika sosial. Analisis data penelitian menggunakan uji-t dan uji proporsi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe think talk write tidak efektif ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa. Kata kunci: efektivitas, kemampuan representasi matematis, think talk write