PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERARGUMENTASI SISWA BERBASIS PRAKTIKUM PADA MATERI KONVERSI PANAS KE LISTRIK

Main Author: MUHAMMAD IRFAN PRATAMA, 1653022008
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/63733/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63733/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63733/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63733/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap keterampilan berargumentasi siswa berbasis praktikum pada materi konversi panas ke listrik. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa XII IPA Negeri 4 Bandarlampung. Pemilihan sample penelitian menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel kelas XII IPA 3 berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Data diuji dengan analisis N-gain, uji normalistas, dan uji Paired Sample T- Test. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, menggunakan uji Paired Sample T-Test nilai Sig. (2-Tailed) kurang dari 0,05 yaitu 0,000, maka dapat dinyatakan terdapat pengaruh model problem based learning terhadap keterampilan berargumentasi siswa berbasis praktikum pada meteri konversi energi panas ke listrik. Rata-rata N-gain (g) keterampilan berargumentasi pada kelas eksperimen sebesar 0,80 dengan ketegori tinggi. Berdasarkan hasil tes argumentasi peserta didik menunjukkan bahwa 89,5% dikategorikan sebagai Klaim, yaitu peserta didik mampu mengungkapkan pendapatnya dalam dalam bentuk tulisan berdasarkan pemahaman dari pertanyaan yang diberikan, 83,0% dikategorikan sebagai Data, yaitu peserta didik memahami pertanyaan yang diberikan sehingga dapat menuliskan informasi apapun berdasarkan pengetahuan yang mereka ketahui, 80,2% diketagorikan sebagai sebagai warrant, yaitu peserta didik mampu menjelaskan hubungan Data dengan Klaim. Hal ini menunjukkan bahwa model problem based learning sangat efektif dan berdampak besar terhadap peningkatan keterampilan berargumentasi. Model problem based learning dapat meningkatkan keterampilan berargumentasi siswa. Kata kunci: model problem based learning, keterampilan berargumentasi, sumber energi tentang konversi energi panas ke listrik.