VALUASI EKONOMI KEBUTUHAN AIR DOMESTIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE WILLINGNESS TO PAY MASYARAKAT DESA PINANG JAYA KEMILING KOTA BANDAR LAMPUNG
Main Author: | VIRGINIA RAMOS BR SITORUS, 1614151056 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS PERTANIAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/63371/1/1.%20ABSTRAK%20%28ABSTRACT%29.pdf http://digilib.unila.ac.id/63371/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/63371/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/63371/ |
Daftar Isi:
- Pemahaman yang rendah masyarakat dalam mengelola Mata Air Desa Pinang Jaya menyebabkan ketersediaan dan pengguna air juga ikut menurun. Permintaan jumlah kebutuhan air domestik akan terus meningkat seiring dengan pertambahan jumlah penduduk. Penilaian ekonomi sumberdaya air merupakan hal yang sangat penting sebagai salah satu upaya konservasi sehingga stok air akan seimbang dengan jumlah permintaan kebutuhan air. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah kebutuhan air untuk domestik dan nilai kesediaan membayar (WTP) rumah tangga sebagai nilai ekonomi yang akan membantu mendukung pengelolaan mata air tersebut. Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2019-Januari 2020. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive untuk penentuan populasi dan simple random sampling untuk pemilihan responden, dengan jumlah responden sebanyak 50 orang. Jumlah kebutuhan air rumah tangga dihitung menggunakan rumus perhitungan konsumsi air dan kesediaan membayar pemanfaat air. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata air domestik yang dimanfaatkan masyarakat adalah sebesar 48/m3/bulan, sedangkan nilai kesediaan membayar pemanfaat air rumah tangga adalah sebesar Rp 34.630/KK/bulan, serta total kesediaan membayar dari masyarakat pemanfaat air sebesar Rp 3.324.480/bulan. Variabel-variabel yang berpengaruh nyata terhadap jumlah WTP masyarakat adalah jumlah tanggungan, jenis kelamin, kejernihan dan kelancaran air. Menurut hasil penelitian ini disarankan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat pemanfaat air mengenai pentingnya pengelolaan hutan rakyat dan nilai ekonomi air melalui kegiatan penyuluhan. Kata kunci : air, valuasi ekonomi, Willingness To Pay (WTP).