HUBUNGAN PELAKSANAAN PRAKTIKUM DAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 14 BANDAR LAMPUNG PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

Main Author: NABIILA NUR LATHIIFA, 1513024006
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/58548/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58548/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58548/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/58548/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikasi hubungan pelaksanaan praktikum dengan hasil belajar peserta didik, mengetahui signifikasi hubungan keterampilan generik sains dengan hasil belajar peserta didik, serta mengetahui signifikasi hubungan pelaksanaan praktikum dan keterampilan generik sains dengan hasil belajar peserta didik kelas VII semester genap SMP Negeri 14 Bandar Lampung pada pembelajaran IPA Biologi materi pencemaran lingkungan. Desain yang digunakan adalah deskriptif korelasional. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII C yang dipilih dari populasi dengan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini merupakan data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil belajar yang meliputi aspek kognitif diperoleh melalui tes. Sedangkan data kualitatif berupa angket tanggapan peserta didik terhadap pelaksanaan praktikum dan keterampilan generik sains, iii wawancara, lembar observasi pelaksanaan praktikum serta lembar observasi keterampilan generik sains peserta didik. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada uji korelasi terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pelaksanaan praktikum dengan hasil belajar peserta didik, yang memiliki nilai koefisien pada uji korelasi yaitu 0,745 mengindikasikan hubungan yang kuat antara pelaksanaan praktikum dengan hasil belajar peserta didik, selanjutnya yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan generik sains peserta didik dengan hasil belajar peserta didik, yang memiliki nilai koefisien pada uji korelasi yaitu 0,791 mengindikasikan hubungan yang kuat antara keterampilan generik sains peserta didik dengan hasil belajar peserta didik, serta terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pelaksanaan praktikum dan keterampilan generik sains dengan hasil belajar peserta didik, yang memiliki nilai koefisien pada uji korelasi yaitu 0,874 mengindikasikan hubungan yang sangat kuat antara pelaksanaan praktikum dan keterampilan generik sains peserta didik dengan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Hasil belajar, Keterampilan Generik Sains, Pelaksanaan Praktikum. .