PENGGUNAAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Main Author: FITRI FIDYAH, 1313052024
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/55232/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55232/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55232/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55232/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah perilaku asertif siswa rendah. Permasalahan penelitian adalah “Apakah konseling kelompok teknik sosiodrama dapat meningkatkan perilaku asertif siswa kelas X SMA Negeri 11 Bandar Lampung tahun pelajaran 2018/2019?”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan konseling kelompok teknik sosiodrama dalam meningkatkan perilaku asertif pada siswa kelas X SMA Negeri 11 Bandar Lampung tahun pelajaran 2017/2018. One Group Pretest-Posttest digunakan sebagai design penelitian. Subjek penelitian ini sebanyak 6 orang siswa yang memiliki perilaku asertif rendah dan sedang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala perilaku asertif. Hasil analisis data menggunakan uji Wilcoxon, diperoleh z hitung = -2.201 hasilnya kurang dari z tabel= 1.645, dan juga menunjukkan adanya peningkatan, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya adalah perilaku asertif siswa dapat ditingkatkan malalui konseling kelompok teknik sosiodrama pada siswa kelas X SMA Negeri 11 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2018/2019. Kata kunci: asertif, konseling kelompok, teknik sosiodrama.