PENGGUNAAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Main Author: | FITRI FIDYAH, 1313052024 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/55232/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/55232/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/55232/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/55232/ |
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah perilaku asertif siswa rendah. Permasalahan penelitian adalah “Apakah konseling kelompok teknik sosiodrama dapat meningkatkan perilaku asertif siswa kelas X SMA Negeri 11 Bandar Lampung tahun pelajaran 2018/2019?”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan konseling kelompok teknik sosiodrama dalam meningkatkan perilaku asertif pada siswa kelas X SMA Negeri 11 Bandar Lampung tahun pelajaran 2017/2018. One Group Pretest-Posttest digunakan sebagai design penelitian. Subjek penelitian ini sebanyak 6 orang siswa yang memiliki perilaku asertif rendah dan sedang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala perilaku asertif. Hasil analisis data menggunakan uji Wilcoxon, diperoleh z hitung = -2.201 hasilnya kurang dari z tabel= 1.645, dan juga menunjukkan adanya peningkatan, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya adalah perilaku asertif siswa dapat ditingkatkan malalui konseling kelompok teknik sosiodrama pada siswa kelas X SMA Negeri 11 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2018/2019. Kata kunci: asertif, konseling kelompok, teknik sosiodrama.