PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE BERBASIS INKUIRI TERBIMBING
Main Author: | SITI INDASYAH, 1423022012 |
---|---|
Format: | Masters NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/55110/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/55110/2/TESIS%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/55110/3/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/55110/ |
Daftar Isi:
- Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan LKS materi Elastisitas dan Hukum Hooke berbasis inkuiri terbimbing untuk siswa kelas XI IPA. Penelitian ini dilaksanakan untuk mendeskripsikan tingkat kemenarikan, kemudahan, kemanfaatan, dan keefektifan LKS berbasis inkuiri terbimbing di SMA Negeri 5 Bandar Lampung, kelas XI IPA 1 dengan jumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 dengan 35 siswa sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan (R&D). Peneliti hanya menggunakan delapan prosedur pengembangan saja yang dilaksanakan peneliti yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk. Produk akhir yang dihasilkan adalah 89% menarik, 90% sangat mudah, dan 88% bermanfaat dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Hasil uji efektifitas menunjukan bahwa, LKS yang dikembangkan sebagai media pembelajaran mempunyai nilai N-gain dengan kategori sedang, dan dapat disimpulkan efektif dengan kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) kelas XI IPA yang telah ditetapkan adalah 78. Kata kunci: penelitian pengembangan, lembar kerja siswa, inkuiri terbimbing. ABSTRACT This development research aims to developguided inquiry-based elasticity material worksheetfor the students of XI IPA class. This research was conducted to describe the attractiveness, convenience, benefit, and effectiveness levels of guided inquiry-basedstudent worksheet at Senior High School 5Bandar Lampung with XI IPA 1 class with a total of 36 studentsas experimental group and XI IPA 2 class with a total of 35 studentsas control group. This research used research and development (R&D) design. The researchers only used eight development procedures which was conducted by researchers, namelypotential and problem, data collection, product design, design validation, design revision, product trial, and product revision.The final product produced was 89% interesting, 90% very easy, and 88% beneficial with the improvement of student learning outcomes. The result of effectiveness test showed that student worksheet developed as learning media had a value of N-gain with moderate category and can be concluded ‘effective’ with Criteria of Minimal Completeness (KKM) of XI IPA class at Senior High School 5 Bandar Lampung that has been determined, namely 78. Keywords: development research, student worksheet, guided inquiry.