PENGEMBANGAN LKS BERBASIS PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) PADA MATERI FLUIDA STATIS DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Main Author: FAJRIA EKA PUTRI , 1213022023
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/24353/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/24353/19/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/24353/20/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/24353/
Daftar Isi:
  • Telah dilakukan pengembangan Lembar Kerja Siswa (POE) berbasis Predict- Observe-Explain (POE) pada materi Fluida Statis di Sekolah Menengah Atas. Tujuan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan LKS yang menarik, mudah, bermanfaat, dan efektif digunakan. Prosedur pengembangan menggunakan model pengembangan media instruksional Suyanto dan Sartinem. Uji internal dilakukan oleh seorang dosen ahli desain dan ahli materi dari Pendidikan Fisika Universitas Lampung. Uji eksternal dilakukan di kelas X.6 dengan 27 orang siswa dan diperoleh skor kemenarikan 3,35 dengan kategori “Sangat Menarik”, skor kemudahan 3,69 dengan kategori “Sangat Mudah”, dan skor kemanfaatan 3,42 dengan kategori “Sangat Bermanfaat”. Produk efektif digunakan karena lebih dari 75% siswa meraih nilai diatas KKM melalui test sehingga dapat disimpulkan bahwa dihasilkan LKS berbasis POE pada materi Fluida Statis di Sekolah Menengah Atas yang telah teruji dan layak digunakan. Kata kunci: pengembangan, LKS, Predict-Observe-Explain, Fluida Statis