PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas X Semester Genap SMA Negeri 2 Kotaagung Tahun Pelajaran 2012/2013)
ctrlnum |
1036 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title> 
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP AKTIVITAS 
DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN DAN PELESTARIAN 
LINGKUNGAN 
(Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas X Semester Genap SMA Negeri 2 Kotaagung Tahun Pelajaran 2012/2013) </title><creator>Makmun , SEPTA TRISMANITA </creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><subject>QH301 Biology</subject><description>Hasil observasi di kelas X SMA Negeri 2 Kotaagung, diketahui bahwa aktivitas 
dan hasil belajar siswa masih rendah. Oleh karena itu, diperlukan solusi untuk 
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, salah satunya dengan 
menggunakan model Group Investigation (GI). Penelitian ini bertujuan untuk 
mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran GI terhadap aktivitas dan 
hasil belajar siswa. 
Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes postes non-
equivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X
1
dan X
3
yang dipilih dari 
populasi secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif 
dan kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil belajar siswa yang diperoleh dari rata-
rata nilai pretes, postes dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan 
uji-t dan uji U dengan bantuan program SPSS versi 17. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa, dan angket tanggapan siswa terhadap penerapan model 
pembelajaran GI yang dianalisis secara deskriptif. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model kooperatif GI 
berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas dan berpengaruh signifikan terhadap 
peningkatan hasil belajar siswa. Peningkatan aktivitas belajar siswa terjadi dalam 
semua aspek. Pada aspek bekerjasama dengan teman bernilai sebesar (78,16); 
aspek mempresentasikan hasil penyelidikan/diskusi kelompok sebesar (80,46); 
aspek mengajukan pertanyaan sebesar (65,52); dan aspek membuat kesimpulan 
sebesar (77,01). Hasil belajar juga mengalami peningkatan, dengan rata-rata nilai 
pretes sebesar (47,59); nilai postes (77,76); dan N-gain (56,91). Selain itu, 
sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model 
GI. Data angket menunjukkan bahwa semua (100%) merasa senang mempelajari 
materi pencemaran dan pelestarian lingkungan dengan model pembelajaran GI. 
Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model GI berpengaruh terhadap 
peningkatan aktivitas belajar dan berpengaruh signifikan terhadap peningkatan 
hasil belajar siswa. 
Kata kunci : GI, aktivitas belajar, hasil belajar, pencemaran dan pelestarian 
lingkungan. </description><publisher>Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan</publisher><date>2013-08-18</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1036/1/3.%20COVER%20DALAM.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1036/2/1.%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1036/3/4.%20HALAMAN%20MENYETUJUI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1036/4/5.%20HALAMAN%20MENGESAHKAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1036/5/6.%20PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1036/6/11.%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1036/7/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1036/8/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1036/9/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1036/10/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1036/11/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1036/12/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Document:Archive</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1036/13/LAMPIRAN.zip</identifier><identifier> Makmun , SEPTA TRISMANITA (2013) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas X Semester Genap SMA Negeri 2 Kotaagung Tahun Pelajaran 2012/2013). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. </identifier><relation>http://digilib.unila.ac.id/1036/</relation><recordID>1036</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book Document:Archive Document Report:Report Report |
author |
Makmun , SEPTA TRISMANITA |
title |
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP AKTIVITAS
DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN DAN PELESTARIAN
LINGKUNGAN
(Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas X Semester Genap SMA Negeri 2 Kotaagung Tahun Pelajaran 2012/2013) |
publisher |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
publishDate |
2013 |
topic |
LB Theory and practice of education QH301 Biology |
url |
http://digilib.unila.ac.id/1036/1/3.%20COVER%20DALAM.pdf http://digilib.unila.ac.id/1036/2/1.%20ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/1036/3/4.%20HALAMAN%20MENYETUJUI.pdf http://digilib.unila.ac.id/1036/4/5.%20HALAMAN%20MENGESAHKAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/1036/5/6.%20PERNYATAAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/1036/6/11.%20DAFTAR%20ISI.pdf http://digilib.unila.ac.id/1036/7/BAB%20I.pdf http://digilib.unila.ac.id/1036/8/BAB%20II.pdf http://digilib.unila.ac.id/1036/9/BAB%20III.pdf http://digilib.unila.ac.id/1036/10/BAB%20IV.pdf http://digilib.unila.ac.id/1036/11/BAB%20V.pdf http://digilib.unila.ac.id/1036/12/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://digilib.unila.ac.id/1036/13/LAMPIRAN.zip http://digilib.unila.ac.id/1036/ |
contents |
Hasil observasi di kelas X SMA Negeri 2 Kotaagung, diketahui bahwa aktivitas
dan hasil belajar siswa masih rendah. Oleh karena itu, diperlukan solusi untuk
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, salah satunya dengan
menggunakan model Group Investigation (GI). Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran GI terhadap aktivitas dan
hasil belajar siswa.
Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes postes non-
equivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X
1
dan X
3
yang dipilih dari
populasi secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif
dan kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil belajar siswa yang diperoleh dari rata-
rata nilai pretes, postes dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan
uji-t dan uji U dengan bantuan program SPSS versi 17. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa, dan angket tanggapan siswa terhadap penerapan model
pembelajaran GI yang dianalisis secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model kooperatif GI
berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas dan berpengaruh signifikan terhadap
peningkatan hasil belajar siswa. Peningkatan aktivitas belajar siswa terjadi dalam
semua aspek. Pada aspek bekerjasama dengan teman bernilai sebesar (78,16);
aspek mempresentasikan hasil penyelidikan/diskusi kelompok sebesar (80,46);
aspek mengajukan pertanyaan sebesar (65,52); dan aspek membuat kesimpulan
sebesar (77,01). Hasil belajar juga mengalami peningkatan, dengan rata-rata nilai
pretes sebesar (47,59); nilai postes (77,76); dan N-gain (56,91). Selain itu,
sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model
GI. Data angket menunjukkan bahwa semua (100%) merasa senang mempelajari
materi pencemaran dan pelestarian lingkungan dengan model pembelajaran GI.
Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model GI berpengaruh terhadap
peningkatan aktivitas belajar dan berpengaruh signifikan terhadap peningkatan
hasil belajar siswa.
Kata kunci : GI, aktivitas belajar, hasil belajar, pencemaran dan pelestarian
lingkungan. |
id |
IOS4198.1036 |
institution |
Universitas Lampung |
institution_id |
43 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Lampung |
library_id |
537 |
collection |
Digital Repository Unila |
repository_id |
4198 |
subject_area |
Miscellany of Technology and Applied Sciences/Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan Research of Social Science/Metode Riset Penelitian Ilmu Sosial, Statistik Ilmu Sosial Agriculture/Industri Pertanian Econmics/Ilmu Ekonomi |
city |
KOTA BANDAR LAMPUNG |
province |
LAMPUNG |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4198 |
first_indexed |
2017-04-20T08:04:37Z |
last_indexed |
2017-04-20T08:04:37Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686096519989559296 |
score |
17.538404 |