ctrlnum 1036
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title> &#xD; PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP AKTIVITAS &#xD; DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN DAN PELESTARIAN &#xD; LINGKUNGAN &#xD; (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas X Semester Genap SMA Negeri 2 Kotaagung Tahun Pelajaran 2012/2013) </title><creator>Makmun , SEPTA TRISMANITA </creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><subject>QH301 Biology</subject><description>Hasil observasi di kelas X SMA Negeri 2 Kotaagung, diketahui bahwa aktivitas &#xD; dan hasil belajar siswa masih rendah. Oleh karena itu, diperlukan solusi untuk &#xD; meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, salah satunya dengan &#xD; menggunakan model Group Investigation (GI). Penelitian ini bertujuan untuk &#xD; mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran GI terhadap aktivitas dan &#xD; hasil belajar siswa. &#xD; Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes postes non-&#xD; equivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X&#xD; 1&#xD; dan X&#xD; 3&#xD; yang dipilih dari &#xD; populasi secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif &#xD; dan kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil belajar siswa yang diperoleh dari rata-&#xD; rata nilai pretes, postes dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan &#xD; uji-t dan uji U dengan bantuan program SPSS versi 17. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa, dan angket tanggapan siswa terhadap penerapan model &#xD; pembelajaran GI yang dianalisis secara deskriptif. &#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model kooperatif GI &#xD; berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas dan berpengaruh signifikan terhadap &#xD; peningkatan hasil belajar siswa. Peningkatan aktivitas belajar siswa terjadi dalam &#xD; semua aspek. Pada aspek bekerjasama dengan teman bernilai sebesar (78,16); &#xD; aspek mempresentasikan hasil penyelidikan/diskusi kelompok sebesar (80,46); &#xD; aspek mengajukan pertanyaan sebesar (65,52); dan aspek membuat kesimpulan &#xD; sebesar (77,01). Hasil belajar juga mengalami peningkatan, dengan rata-rata nilai &#xD; pretes sebesar (47,59); nilai postes (77,76); dan N-gain (56,91). Selain itu, &#xD; sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model &#xD; GI. Data angket menunjukkan bahwa semua (100%) merasa senang mempelajari &#xD; materi pencemaran dan pelestarian lingkungan dengan model pembelajaran GI. &#xD; Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model GI berpengaruh terhadap &#xD; peningkatan aktivitas belajar dan berpengaruh signifikan terhadap peningkatan &#xD; hasil belajar siswa. &#xD; Kata kunci : GI, aktivitas belajar, hasil belajar, pencemaran dan pelestarian &#xD; lingkungan. </description><publisher>Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan</publisher><date>2013-08-18</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1036/1/3.%20COVER%20DALAM.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1036/2/1.%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1036/3/4.%20HALAMAN%20MENYETUJUI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1036/4/5.%20HALAMAN%20MENGESAHKAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1036/5/6.%20PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1036/6/11.%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1036/7/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1036/8/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1036/9/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1036/10/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1036/11/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1036/12/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Document:Archive</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1036/13/LAMPIRAN.zip</identifier><identifier> Makmun , SEPTA TRISMANITA (2013) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas X Semester Genap SMA Negeri 2 Kotaagung Tahun Pelajaran 2012/2013). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. </identifier><relation>http://digilib.unila.ac.id/1036/</relation><recordID>1036</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Document:Archive
Document
Report:Report
Report
author Makmun , SEPTA TRISMANITA
title PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas X Semester Genap SMA Negeri 2 Kotaagung Tahun Pelajaran 2012/2013)
publisher Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
publishDate 2013
topic LB Theory and practice of education
QH301 Biology
url http://digilib.unila.ac.id/1036/1/3.%20COVER%20DALAM.pdf
http://digilib.unila.ac.id/1036/2/1.%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/1036/3/4.%20HALAMAN%20MENYETUJUI.pdf
http://digilib.unila.ac.id/1036/4/5.%20HALAMAN%20MENGESAHKAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/1036/5/6.%20PERNYATAAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/1036/6/11.%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://digilib.unila.ac.id/1036/7/BAB%20I.pdf
http://digilib.unila.ac.id/1036/8/BAB%20II.pdf
http://digilib.unila.ac.id/1036/9/BAB%20III.pdf
http://digilib.unila.ac.id/1036/10/BAB%20IV.pdf
http://digilib.unila.ac.id/1036/11/BAB%20V.pdf
http://digilib.unila.ac.id/1036/12/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.unila.ac.id/1036/13/LAMPIRAN.zip
http://digilib.unila.ac.id/1036/
contents Hasil observasi di kelas X SMA Negeri 2 Kotaagung, diketahui bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah. Oleh karena itu, diperlukan solusi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, salah satunya dengan menggunakan model Group Investigation (GI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran GI terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes postes non- equivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X 1 dan X 3 yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil belajar siswa yang diperoleh dari rata- rata nilai pretes, postes dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan uji U dengan bantuan program SPSS versi 17. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa, dan angket tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran GI yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model kooperatif GI berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas dan berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Peningkatan aktivitas belajar siswa terjadi dalam semua aspek. Pada aspek bekerjasama dengan teman bernilai sebesar (78,16); aspek mempresentasikan hasil penyelidikan/diskusi kelompok sebesar (80,46); aspek mengajukan pertanyaan sebesar (65,52); dan aspek membuat kesimpulan sebesar (77,01). Hasil belajar juga mengalami peningkatan, dengan rata-rata nilai pretes sebesar (47,59); nilai postes (77,76); dan N-gain (56,91). Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model GI. Data angket menunjukkan bahwa semua (100%) merasa senang mempelajari materi pencemaran dan pelestarian lingkungan dengan model pembelajaran GI. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model GI berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas belajar dan berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Kata kunci : GI, aktivitas belajar, hasil belajar, pencemaran dan pelestarian lingkungan.
id IOS4198.1036
institution Universitas Lampung
institution_id 43
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Lampung
library_id 537
collection Digital Repository Unila
repository_id 4198
subject_area Miscellany of Technology and Applied Sciences/Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan
Research of Social Science/Metode Riset Penelitian Ilmu Sosial, Statistik Ilmu Sosial
Agriculture/Industri Pertanian
Econmics/Ilmu Ekonomi
city KOTA BANDAR LAMPUNG
province LAMPUNG
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4198
first_indexed 2017-04-20T08:04:37Z
last_indexed 2017-04-20T08:04:37Z
recordtype dc
_version_ 1686096519989559296
score 17.538404