Daftar Isi:
  • ABSTRAK Permasalahan yang ditemukan saat proses pembelajaran di TK Tut Wuri Handayani di kelompok B berusia 4-5 tahun masih banyak anak yang sulit mengembangkan kemampuan berbahasa lisan. Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan kemampuan berbahasa lisan anak usia dini melalui permainan bisik berantai yang menggunakan berbagai media. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari tiga siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ternyata menunjukkan bahwa dengan menggunakan permainan bisik berantai kemampuan berbahasa lisan anak dapat meningkat. Hal ini terbukti dari persentase perkembangan siklus pertama terdapat 13% anak berkembang sangat baik, siklus kedua meningkat menjadi 45%, sedangkan siklus ketiga meningkat menjadi 77% sehingga kriteria yang diharapkan dapat tercapai yaitu berkembang sangat baik (BSB). Kata kunci : Berbahasa lisan, anak usia dini, bisik berantai.