IMPLEMENTASI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMBANGUN CITRA PERUSAHAAN Studi pada Sub Divisi Marketing Communication HARRIS Hotel and Conventions Malang

Main Author: SARI, MEILIA PUSPITA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/45842/1/jiptummpp-gdl-meiliapusp-45529-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/45842/2/jiptummpp-gdl-meiliapusp-45529-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/45842/3/jiptummpp-gdl-meiliapusp-45529-3-babii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/45842/4/jiptummpp-gdl-meiliapusp-45529-4-babiii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/45842/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini didasari atas fenomena implementasi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh HARRIS Hotel and Conventions Malang melalui media online. Peneliti sering menjumpai iklan online HARRIS Malang pada setiap peneliti mengakses internet. Selain itu, aktivitas pada sosial media HARRIS Malang tidak mendapat banyak perhatian dari publiknya. Meskipun demikian, citra positif dan prestasi yang diperoleh HARRIS Malang dari publik eksternalnya cukup banyak. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti ingin mengetahui bagaimana implementasi bauran komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh sub divisi marketing communication (marcom) dalam membangun citra HARRIS Hotel and Conventions Malang. Aktivitas komunikasi pemasaran adalah aktivitas pemasaran yang tujuan utamanya untuk menyebarkan informasi (komunikasi informatif), untuk menarik konsumen sehingga melakukan pembelian (komunikasi persuasif), dan untuk mengingatkan khalayak agar mengulang pembelian atau menjadi konsumen tetap (Kotler dan Keller, 2009: 172-173) melalui kesan yang sengaja diciptakan dari suatu objek, orang, atau organisasi (Sukatendel seperti dikutip Haris, 2012: 28). Aktivitas yang diteliti adalah aktivitas bauran komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh sub divisi marcom HARRIS Hotel and Conventions Malang yang meliputi periklanan (advertising), penjualan personal (personal selling), promosi penjualan (sales promotion), publisitas (publicity), berita dari mulut ke mulut (word of mouth), pemasaran langsung (direct marketing), dan hubungan masyarakat (public relations) (Nickles seperti dikutip Hermawan, 2012: 53-54). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Dilakukan di HARRIS Hotel and Conventions Malang pada tanggal 2-23 Maret 2016. Subjek penelitian adalah marcom manager dan creative designer atau marcom staff. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan tujuan untuk memperoleh informasi yang mendalam mengenai implementasi bauran komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh sub divisi marcom dalam membangun citra HARRIS Hotel and Conventions Malang. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah display data, reduksi data, dan pengambilan keputusan. Keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian dari implementasi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh sub divisi marcom dalam membangun citra HARRIS Hotel and Conventions Malang lebih banyak mengedepankan fungsi-fungsi public relations dibanding fungsi marketing. Implementasi tersebut memfokuskan pada aktivitas-aktivitas public relations khususnya hubungan dengan media untuk mendapatkan publisitas positif sehingga terbangun citra yang positif pula. Media relation yang terjalin antara marcom HARRIS Malang dengan media bukan hanya secara profesionalitas pekerjaan tetapi juga secara pribadi (personal approach). Aktivitas media relation yang telah dilakukan marcom HARRIS Malang adalah periklanan yang bertujuan untuk mengomunikasikan pesan HARRIS Malang, menjalin hubungan baik, dan mendapatkan publisitas positif dari pihak media. Selain itu marcom HARRIS Malang juga aktif menghadiri undangan dari setiap media baik itu di dalam ataupun di luar jam kerja; memberikan kue ulang tahun atau hadiah kepada owning media, redaksi pelaksana, wartawan, dan media yang sedang berulang tahun; aktif memberikan ucapan selamat kepada media-media yang berprestasi; serta memberikan apresiasi pada setiap media yang aktif memberikan kontribusinya kepada HARRIS Malang.