KONTRIBUSI SELF-REGULATED LEARNING DAN KECERDASAN EMOSI DALAMKONSENTRASI BELAJAR
Main Author: | Saraswati, Putri |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Psikologi Muria Kudus
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/41316/1/Peer%20Review%20-%20Saraswati%20-%20Self%20regulated%20learning%20kecerdasan%20emosi%20konsentrasi%20belajar.pdf http://eprints.umm.ac.id/41316/2/Similarity%20-%20Saraswati%20-%20Self%20regulated%20learning%20kecerdasan%20emosi%20konsentrasi%20belajar.pdf http://eprints.umm.ac.id/41316/3/Saraswati%20-%20Self%20regulated%20learning%20kecerdasan%20emosi%20konsentrasi%20belajar.pdf http://eprints.umm.ac.id/41316/ http://jurnal.umk.ac.id/index.php/perseptual/article/view/1640 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dan kontribusi antara self regulated learning, dankecerdasan emosi terhadap konsentrasi belajar. Dalam penelitian ini yang dimaksud dengankonsentrasi belajar adalah perhatian seseorang dalam proses belajar. Terdapat beberapa hal yangmempengaruhi konsentrasi seseorang dalam belajar. Hal yang mempengaruhi konsentrasi belajardapat berasal dari dalam diri maupun dari luar diri seseorang. Dari dalam diri dapat berupa selfregulated learning yakni kemampuanseseorang dalam mengevaluasi diri, mengatur, melakukan danmemonitoring hal-hal yang berhubungan dengan proses belajarnya. Selain itu, faktor internal lain yangberhubungan dalam konsentrasi belajar adalah emosi. Kecerdasan emosi adalah kemampuanseseorang dalam mengelola emosinya dan memahami emosi orang lain. Penelitian ini menggunakanmetode penelitian kuantitatif korelasional dengan subjek penelitian berjumlah 222 orang yang terdiridari 66 mahasiswa dan 156 mahasiswi. Teknik sampling yang digunakan adalah stratified randomsampling. Data penelitian diambil dengan menggunakan skala likert untuk semua variabelnya.Kemudian diuji dengan teknik statistik korelasi product moment. Hasil penelitian ini adalah 1) tidak adahubungan antara self regulated learning dan konsentrasi belajar r =-0.079 (p>0,05), 2) tidak adahubungan anatara kecerdasan emosi dan konsentrasi belajar r = 0,677 (p>0,05), 3) terdapat hubunganpositif antara self regulated learning dan kecerdasan emosi r = 0,496 (p<0,05). Dengan demikian,berarti semakin tinggi self regulated learning maupun kecerdasan emosi yang dimiliki seseorang tidakberhubungan secara signifikan dengan konsentrasi belajar yang dimilikinya. Oleh karena itu, selfregulated learning dan kecerdasan emosi tidak memilikikontribusi yang signifikan terhadapkonsentrasi belajar pada penelitian ini.