IMPLEMENTASI PROTOKOL NEXT STEPS IN SIGNALING (NSIS) UNTUK ONLINE CLASS TEACHING PADA JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG
Main Author: | AL AULADI, HABIB |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/37597/1/jiptummpp-gdl-habibalaul-47886-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/37597/2/jiptummpp-gdl-habibalaul-47886-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/37597/3/jiptummpp-gdl-habibalaul-47886-3-babii.pdf http://eprints.umm.ac.id/37597/4/jiptummpp-gdl-habibalaul-47886-4-babiii.pdf http://eprints.umm.ac.id/37597/ |
Daftar Isi:
- Online class teaching merupakan konsep pembelajaran jauh antara pengajar dan pelajar. Metode pembelajaran online class teaching menggunakan media video dalam proses belajar mengajar. Namun dalam pengaplikasian metode online class teaching terdapat beberapa kendala, salah satunya kendala resource atau beban transmisi saat streaming video, jika beban video streaming besar sedangkan resource yang tersedia tidak mencukupi untuk melakukan streaming video, maka metode pembelajaran online class teaching tidak akan berjalan efektif. Oleh karena itu pada penelitian ini akan mengimplementasikan protokol next step in signaling (NSIS) yang merupakan sistem pensinyalan pada IP yang menyediakan sumber daya bandwidth yang peka terhadap keterbatasan bandwidth dan delay. pengujian akan dilakukan dengan melakukan streaming video dari client ke server yang akan dilewatkan diatsa protokol NSIS kemudian mengukur QoS seperti delay, troughput, packet loss, jitter dan melakukan perbandingan antara streaming video dengan mengimplementasikan protokol NSIS dengan yang tidak mengimplementasikan protokol NSIS. Berdasarkan pengujian diketahui bahwa streaming video yang menggunakan protokol NSIS lebih baik secara QoS dibandingkan dengan yang tidak, rata-rata nilai delay pada protokol NSIS lebih rendah dibandingkan dengan yang tanpa menggunakan protokol NSIS, dan nilai QoS yang lain juga menunjukan angkat yang lebih baik.