Daftar Isi:
  • Penelitian pengembangan ini dilakukan berdasarkan analisis kebutuhan di kelas IV SDN Tlogomas 1 Malang yang proses pembelajarannya menggunakan sebuah media tetapi media yang bersifat sekali penggunaan dan membuat guru kesulitan untuk mengaitkan materi serta kurangnya motivasi peserta didik untuk membaca. Penelitian bertujuan mengembangkan sebuah media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman peserta didik kelas IV SDN Tlogomas 1 Malang pada tema cita-citaku materi menemukan bangunan sudut siku-siku, manfaat keberagaman sifat individu serta meringkas teks bacaan cerita. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) menurut Borg and Gall. Modifikasi dalam metode ini memiliki 7 tahapan yaitu (1) potensi masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi media (5) revisi desain (6) ujicoba produk (7) revisi produk. Data diperoleh dengan menggunakan analisis data kualitatif dan data kuantitatif. Media piramida cerdas divalidasi oleh ahli media, ahli materi dan ahli pembelajaran. Media piramida cerdas dikatakan layak dengan tahapan revisi dengan hasil para ahli. Validasi ahli media sebelum revisi dengan skor 75,38% dan sesudah revisi 93,84%, validasi ahli materi pembelajaran dengan skor 92,72% dan validasi ahli pembelajaran dengan skor 100%. Berdasarkan hasil uji oba kelompok kecil didapat dengan skor 95% dan hasil uji coba kelompok besar didapat dengan skor 97,57%. Hasil penelitian pengembangan dan prosedur yang telah dilakukan bahwa media piramida cerdas dikatakan layak sebagai media pembelajaran yang dapat membantu pemahaman peserta didik dalam materi menentukan bangunan sudut siku-siku, menemukan manfaat keberagaman sifat individu serta meringkas teks bacaaan cerita. Media piramida cerdas juga dapat membantu memudahkan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran.