MOTIVASI GURU DI SLBMELATI GEMPOL PASURUAN
Main Author: | Artona, Radix |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/30023/1/jiptummpp-gdl-radixarton-29094-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/30023/2/jiptummpp-gdl-radixarton-29094-2-bab1.pdf http://eprints.umm.ac.id/30023/ |
Daftar Isi:
- Guru pendidikan khusus adalah tenaga pendidik yang memenuhi kualifikasi akademik, kompetensi dan sertifikasi pendidik bagi peserta didik yang memiliki kelainan fisik, emosional, mental, intelektual, sosial atau potensi kecerdasan dan bakat istimewa pada satuan pendidikan khusus, satuan pendidikan umum atau satuan pendidikan kejuruan.Berbeda dengan guru di sekolah biasa, menjadi guru SLBharus memilki motivasi yang lebih karena tugasnya berat dan menuntut komitmen penuh. Guru SLBdituntut untuk mengabdikan seluruh kemampuan, kreativitas, keterampilan, dan pikirannya untuk mendidik anak-anak luar biasa. Penelitian ini dilakukan di SLB Melati Gempol Pasuruan dengan judul Motivasi Guru di SLB Melati. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi guru di SLB Melati Gempol. Dalam metode pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi, dengan informannya adalah guru SLB Melati. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan teknis analisis deskritif kualitatif, yaitu mendeskripsikan dan mengintepretasikan data–data yang telah didapat sehingga akan menggambarkan realitas yang sebenarnya sesuai dengan fenomena yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subyek memilih menjadi guru SLB karena subyek suka tantangan dalam mengajar anak berkebutuhan khusus, selain itu karena adanya niat dan dorongan hati untuk membantu mengembangkan kemampuan anak berkebutuhan khusus.Tidak semua guru bersedia mengajar di sekolah luar biasa (SLB),melainkan guru lebih memilih mengajar di sekolah umum. Perkembangan karir guru SLB bukan hal paling utama, perkembangan karir berjalan dengan sendirinya dengan bertambahnya pengalaman dalam mendidik murid berkebutuhan khusus.Gaji yang diproleh Guru SLB sama dengan gaji guru di sekolah umum lainnya. Dalam proses belajar mengajar meskipun keadaan sekolah yang sederhana guru SLB dan murid dapat menjalankan proses belajar berjalan dengan baik