PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE DISCOVERY MATERI GAYA DAN GERAK PADA SISWA KELAS V SDN ORO ORO OMBO WETAN 1 KECAMATAN REMBANG PASURUAN

Main Author: MAULIDIYAH, NURUL MAHMUDAH TRI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/29090/1/jiptummpp-gdl-nurulmahmu-30090-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/29090/2/jiptummpp-gdl-nurulmahmu-30090-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/29090/
Daftar Isi:
  • Mahmudah Tri Maulidiyah, Nurul. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Discovery Materi Gaya dan Gerak Pada Siswa Kelas V SDN Oro Oro Ombo Wetan I Kecamatan Rembang Pasuruan. Skripsi. Malang: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Malang. 2012. Pembimbing: (I) Dr. Trisakti Handayani, M.M (II) Dr. Siti Fatimah Soenaryo Penelitian tindakan kelas ini memiliki tujuan: (1) Mendeskripsikan penerapan metode discovery dalam upaya meningkatkan hasil belajar IPA siswa Kelas V SDN Oro-oro Ombo Wetan I Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan, dan (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA siswa Kelas V SDN Oro-oro Ombo Wetan I Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan dengan menggunakan metode discovery. Penelitian ini akan mengkaji masalah, yaitu bagaimana peningkatan hasil belajar IPA melalui metode discovery materi gaya dan gerak pada siswa kelas V SDN Oro Oro Ombo Wetan I dan bagaimana nilai yang diperoleh ketika menerapkan metode discovery tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ada 2 yaitu pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2012 dalam empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian pada setiap pertemuan terjadi peningkatan aktifitas siswa dalam proses pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa siswa mulai mengenal cara belajar dengan menggunakan metode discovery siswa terlihat sangat antusias dalam setiap pembelajaran. Hal ini ditunjukkan siswa dari hasil belajar pada pre test siswa memperoleh nila rata-rata sebesar 15%, setelah dilakukan siklus I hasil belajar siswa meningkat menjadi 49%, dan pada siklus II menjadi 69%. Maka hasil penelitian ini, metode discovery disarankan untuk diterapkan, agar siswa terbiasa untuk belajar menemukan sendiri sehingga dapat meningkatkan hasil belajarnya.