PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI MACAM - MACAM PASAR MELALUI METODE SIMULASI SISWA KELAS III SDN SUMBERJO I SARIREJO LAMONGAN
Main Author: | DANIARTI, WAHYU |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/27168/1/jiptummpp-gdl-wahyudania-33445-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/27168/2/jiptummpp-gdl-wahyudania-33445-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/27168/ |
Daftar Isi:
- Dalam proses belajar mengajar tidak hanya guru yang dituntut untuk aktif tetapi siswa juga harus aktif sebagai bentuk komunikasi yang baik antara guru dengan siswa dan siswa dengan kelompok, karena hal itu selalu terkait dengan materi pembelajaran, metode, media (sumber-sumber belajar lain yang digunakan). Terdapat banyak cara untuk mengaktifkan siswa dalam proses belajar mengajar. Diantaranya adalah dengan mengadakan simulasi agar semua siswa terlibat langsung dalam dalam proses belajar mengajar. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1. Mendiskripsikan penerapan metode simulasi pada mata pelajaran IPS materi macam-macam pasar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN SUMBERJO I Sarirejo Lamongan.2.Mendiskripsikan peningkatkan hasil belajar melalui metode simulasi pada mata pelajaran IPS meteri macam-macam pasar siswa kelas III SDN SUMBERJO I Sarirejo Lamongan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumberjo I Kecamatan Sarirejo Kabupaten Lamongan dimana peneliti melaksanakan tugass ebagai pengajar. Objek penelitian adalah siswa kelas III dengan jumlah siswa 12 anak yang terdiri dari 10 siswa laki-lakidan 2 siswa perempuan. Penelitian diadakan pada semester II tahun ajaran 2012 /2013 pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial tentang macam-macam pasar Penelitian tersebut dilaksanakan dalam dua siklus, Dimana dalam satu siklus 2 x pertemuan (2 x 35 menit ) yang dilaksanakan pada tanggal 01 Juni 2013dan 08 Juni 2013. Diskripsi siklus I dan siklus II meliputi langkah-langkah perencanaan, pelaksanaan, pengumpulan data, dan refleksi. Dalam perencanaan guru mempersiapkan beberapa hal sebelum pembelajaran, antara lain rencana perbaikan pembelajaran, alat peraga, lembar kerja, lembar tes, dan instrumen observasi. Pelaksanaannya meliputi melaksanakan skenario pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah yang direncanakan dalam RPP 1 dan melaksanakan penilaian. Sedangkan pengumpulan data dilakukan pengamatan melalui lembar pengamatan tentang kegiatan siswa, kegiatan guru dan hasil pembelajaran siswa pada mata pelajaran IPS tentang macam-macam pasar. Hasil pembelajaran pada siklus I meningkat dibandingkan dengan sebelum perbaikan yakni dari rata-rata 60% menjadi 70 %. Sedangkan pada siklus II meningkat dari rata-rata 70 % menjadi 80,4 %. Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 10,4 %.