Penggunaan Model Pembelajaran “Think Pair Share (TPS)” untuk Meningkatkan Hasil Belajar Operasi Hitung Campuran Matematika Siswa Kelas III SDN Jedong 3 Wagir Malang

Main Author: Kholishoh, Amin Binti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/26993/1/jiptummpp-gdl-aminbintik-34551-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26993/2/jiptummpp-gdl-aminbintik-34551-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26993/
Daftar Isi:
  • Pembimbing: (I) Dr. Endang Poerwanti, M.Pd. (II) Dr. Sri Hartiningsih, M.M Masalah yang dihadapi oleh guru kelas III Di SDN Jedong 3 Malang adalah rendahnya hasil belajar Matematika materi operasi hitung campuran dengan persentase ketuntasan Tahun ajaran 2010/2011, persentase jumlah siswa yang sudah tuntas hanya sebesar 61% dan jumlah siswa yang belum tuntas sebesar 39%, sedangkan menurut ketentuan sekolah kondisi idealnya 70% dari jumlah siswa yang memiliki ketuntasan belajar dengan KKM adalah 65, sedangkan pada tahun 2011/2012 jumlah siswa yang tuntas sebesar 50% dan yang belum tuntas sebesar 50%. Salah satu penyebab kondisi tersebut adalah kurang diperhatikannya penggunaan model pembelajaran yang mendukung untuk penyampaian materi sehingga siswa merasa jenuh ketika belajar. Untuk itu penulis beserta guru kelas ingin meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Think Pair Share Masalah yang akan diteliti adalah bagaimana penerapan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar terhadap materi operasi hitung campuran siswa kelas III SDN Jedong 3 Malang? dan apakah penerapan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar terhadap materi operasi hitung campuran siswa kelas III SDN Jedong 3 Malang? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan (Action Research) yaitu salah satu strategi penyelesaian masalah yang memanfaatkan tindakan nyata dan proses kemampuan mendeteksi dan menyelesaikan masalah. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan model Kemis dan Mc Taggart. Langkah penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi operasi hitung campuran diketahui rata-rata nilai hasil belajar mengalami peningkatan pada siklus I ketuntasan hasil belajar mencapai 61% sedangkan pada siklus ke II hasil belajar siswa mencapai 79%. Peningkatan tersebut membuktikan bahwa model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi operasi hitung campuran.