HUBUNGAN STIMULASI ORANG TUA DENGAN KEMAMPUAN SOSIALISASI DAN KEMANDIRIAN ANAK PRASEKOLAH DI TK AL-IRSYAD DAWUHAN SITUBONDO
Main Author: | FITROH, MIFTAKHUL |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/26077/1/jiptummpp-gdl-miftakhulf-38026-1-pendahul-k.pdf http://eprints.umm.ac.id/26077/2/jiptummpp-gdl-miftakhulf-38026-3-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/26077/ |
Daftar Isi:
- Miftakhul Fitroh.1, Prof.Dr.Ir.Sujono, M.kes. 2, Reni Ilmiasih, M.Kep,Sp.Kep.An. Latar Belakang: Stimulasi adalah rangsangan yang datang dari lingkungan diluar individu anak. Stimulasi merupakan hal yang penting dalam tumbuh kembang anak termasuk dalam kemampuan sosialisasi dan kemandirian. Anak yang mendapat stimulasi yang terarah akan lebih cepat berkembang kemampuan sosialisasi dan kemandiriannya dibandingkan anak yang kurang mendapat stimulasi. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan stimulasi orang tua dengan kemampuan sosialisasi dan kemandirian pada anak usia prasekolah di TK AL-IRSYAD Kelurahan Dawuhan Kecamatan Situbondo Kabupaten Situbondo. Metode: Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi adalah semua orang tua dan anak prasekolah usia 5-6 tahun di TK AL-IRSYAD Dawuhan Situbondo. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 32 responden dengan tekhnik sampling total sampling. Variabel independen yaitu stimulasi orang tua dan variabel dependen adalah kemampuan sosialisasi dan kemandirian. Analisa data menggunakan uji chi square (X2). Hasil: Hasil penelitian didapatkan nilai uji chi-squere dengan p-value=0,007 dan α= 0,05 atau nilai signifikansi lebih kecil dari alpha, yang berarti ada hubungan stimulasi orang tua dengan kemampuan sosialisasi dan kemandirian pada anak prasekolah usia di TK AL-IRSYAD Kelurahan Dawuhan Kecamatan Situbondo Kabupaten Situbondo. Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka disarankan kepada orang tua untuk semakin meningkatkan stimulasi terhadap perkembangan anak sebagai upaya tercapainya kemampuan sosialisasi dan kemandirian anak yang optimal.