STRATEGI REBRANDING KOTA BATU (Studi Pada Pemerintah Kota Batu)

Main Author: Yahya, Muh. Rifaul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/24958/1/jiptummpp-gdl-muhrifauly-37010-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/24958/2/jiptummpp-gdl-muhrifauly-37010-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/24958/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini didasari karena adanya perubahan tagline dari Kota Batu. Perubahan itu, dari Kota Wisata Batu (KWB) menjadi “Shining Batu”. Mengingat tagline Kota Wisata Batu yang ada sudah melekat dibenak setiap orang. Ketika mengatakan kota wisata pasti sebagian besar merujuk pada Kota Batu. Namun, Kota Batu menggantinya dengan tagline baru “Shining Batu”. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana strategi rebranding yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Batu. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi rebranding yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Batu Rebranding bertujuan untuk membentuk citra baru dan untuk memberikan identitas baru bagi sebuah instansi yang tentunya menjadi pembeda dengan pesaingnya. Muzellet dkk, merumuskan proses rebranding melalui empat tahapan yaitu Pertama, repositioning, menentukan kembali positioning. Kedua, renaming, membuat penamaan baru. Ketiga, redesign, mendesain logo dan slogan yang dipakai. Keempat, relaunch, tahap pengenalan dari rebranding yang dilakukan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Hal itu dilakukan untuk mendapatkan data deskriptif dari wawancara, sehingga menghasilkan uraian mengenai strategi rebranding yang dilakukan oleh pemerintah Kota Batu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi rebranding Kota Batu melalui proses sistematis yaitu dari repositioning, renaming, redesign, dan relaunch. Adapun pihak yang melakukan adalah Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Batu, dibantu 1 pihak ketiga. Kota Batu melakukan rebranding karena disesuaikan dengan visi misi dari Kota Batu untuk menjadikan Kota Batu sebagai pariwisata internasional. Rebranding dari Kota Batu merupakan tipe rebranding complete changes. Pengukuran keberhasilan rebranding Kota Batu akan dilakukan 5 tahun. Pengembangan Kota Batu masih banyak pada wisata buatan.