ANALISIS BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN PADA PT. GUDANG GARAM, TBK KEDIRI

Main Author: Kusuma, Chandra Hari
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/24048/
Daftar Isi:
  • Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kinerja perusahaan dan manfaat pengukuran kinerja melalui metode Balanced Scorecard pada PT. Gudang Garam, tbk Kediri melalui keempat perspektif. Metode pengumpulan data adalah dengan melakukan dokumentasi. Kemudian dari data-data tersebut dilakukan suatu analisis serta evaluasi terhadap pengukuran kinerja perusahaan dengan metode Balanced Scorecard. Sedangkan tolok ukur yang digunakan untuk mengukur kinerja melalui empat prespektif dalam Balanced Scorecard adalah Current Ratio, Return on Investment dan Return on Equity (pespektif keuangan), Customer Retention dan Customer Acquition (perspektif pelanggan), Minimaze Error Rate (perspektif proses bisnis internal), retensi karyawan dan produktifitas karyawan (perspektif pembelajaran dan pertumbuhan). Berdasarkan analisis tersebut, kinerja perusahaan dari perspektif keuangan telah berhasil mencapai misinya secara ekonomi yang dapat dilihat dari naiknya Current Ratio, ROI, dan ROE. Dari perspektif pelanggan juga telah berhasil mencapai misinya meskipun dari customer retension mengalami penurunan tetapi pada costumer acquitition yang mengalami peningkatan setiap tahunnya. Dari perspektif proses bisnis internal perusahaan berhasil mencapai misinya dilihat dari turunya minimaze error rate. Dalam perspektif pembelajaran dan pertumbuhan perusahaan juga telah berhasil mencapai misinya dengan ditunjukkannya penurunan retensi karyawan dan meningkatnya produktifitas karyawan. Balanced scorecard merupakan suatu pengukuran kinerja perusahaan yang memberikan informasi secara menyeluruh dan sebaiknya metode balanced scorecard diterapkan dalam perusahaan. Kata Kunci : Balanced Scorecard, Pengukuran Kinerja, Tolok Ukur.