PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GARIS BILANGAN PADA SISWA KELAS IV SDN GEDANGAN III JOMBANG TAHUN AJARAN 2014-2015
Main Author: | WAHYUNI, MARTINAH SITI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/21505/1/jiptummpp-gdl-martinahsi-41072-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/21505/2/jiptummpp-gdl-martinahsi-41072-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/21505/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini di awali dari hasil observasi awal, yaitu terdapat adanya beberapa kesulitan yang dialami siswa kelas IV SDN Gedangan III Jombang pada materi penjumlahan bulangan bulat. Kesulitan yang dimaksud adalah kesulitan pada penjumlahan bilangan bulat khususnya pada garis bilangan. Pada pembelajaran tersebut, guru sudah melakukan metode katak melompat, akan tetapi siswa belum paham tentang materi tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dimana penelitian tindakan kelas merupakan sarana untuk memperbaiki dan mengevaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Peneliti menggunakan media garis bilangan. Penelitian ini bertujuan untuk membantu meningkatkan hasil belajar siswa pada penjumlahan bilangan bulat khususnya pada garis bilangan kelas IV SDN Gedangan III Jombang melalui penggunaan media garis bilangan. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SDN Gedangan III Jombang yang berjumlah 17 siswa. Langkah penelitian ini dilakukan selama 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun rumusan masalah dalam penelitian tindakan kelas sebagai berikut: (1) Bagaimana proses penggunaan media garis bilangan pada untuk meningkatkan hasil belajar penjumalahan bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN Gedangan III Jombang? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar penjumalahan bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN Gedangan III Jombang? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yaitu penelitian ini mendiskripsikan peristiwa yang terjadi selama proses pembelajaran. Untuk melengkapi data kulaitatif digunakan juga data kuantitatif untuk mengukur hasil belajar siswa yang diperoleh dari tes yang telah diberikan. Data kuantitaif berupa angka-angka tentang hasil belajar siswa, sedangkan data kualitatifnya berupa penjabaran dari proses kegiatan dan hasil belajar siswa selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media garis bilangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan pada siklus I sebanyak 58% dan siklus II sebanyak 100%. Peningkatan tersebut membuktikan bahwa penggunaan media garis bilangan dapat meningkatkan hasil belajar penjumalahan bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN Gedangan III Jombang pada mata pelajaran matematika khususnya pada garis bilangan.