PENERAPAN MEDIA KARTU BERGILIR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI TEMPAT TINGGALKU KELAS IV SD NEGERI KEDUNGPENGARON I KECAMATAN MODO KABUPATEN LAMONGAN

Main Author: Fhardany, Nike Septiana Indah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/21476/1/jiptummpp-gdl-nikeseptia-40447-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21476/2/jiptummpp-gdl-nikeseptia-40447-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21476/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini diawali dari hasil observasi awal, terdapat beberapa kesulitan yang dialami siswa SDN Kedungpengaron I Kecamatan Modo Kabupaten Lamongan pada materi tempat tinggalku. Kesulitan yang dimaksud adalah kesulitan memahami materi karena banyaknya materi pembelajaran tempat tinggalku di SDN Kedungpengaron I ini cenderung berorientasi pada guru dan pelaksanaannya juga cenderung dilaksanakan secara klasikal sehingga kurang menumbuhkembangkan kemampuan berpikir siswa. Berdasarkan hasil observasi penggunaan media dan alat peraga sangat jarang dilakukan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan media kartu bergilir untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kedungpengaron I Kecamatan Modo Kabupaten Lamongan. Rumusan masalahnya adalah bagaimana penerapan media kartu bergilir materi tempat tinggalku pada siswa kelas IV SDN Kedungpengaron I Kecamatan Modo Kabupaten Lamongan dan bagaimana peningkatan hasil belajar materi tempat tinggalku pada siswa kelas IV SDN Kedungpengaron I Kecamatan Modo Kabupaten Lamongan dengan menggunakan media kartu bergilir. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini bertempat di SDN Kedungpengaron I Kecamatan Modo Kabupaten Lamongan yang beralamat di Desa Kedungpengaron. Pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini memaparkan data yang diperoleh, kemudian data yang diperoleh tersebut dijabarkan menjadi data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu bergilir dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dari 20 siswa ada 12 siswa yang sudah mencapai ketuntasan dengan persentase 60% di siklus I sehingga dikatakan siswa belum tuntas belajar secara klasikal, kemudian meningkat menjadi 19 siswa yang sudah mencapai ketuntasan dengan persentase 95% di siklus II.