ANALISIS GAYA HIDUP KONSUMEN DALAM MENGKONSUMSI “LUWAK WHITE KOFFIE” (Studi Pada Konsumen yang Tinggal di Perumahan Griya Shanta Kota Malang)

Main Author: SASONGKO, ADHELESA FERDHA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/19896/1/jiptummpp-gdl-adhelesafe-30217-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/19896/2/jiptummpp-gdl-adhelesafe-30217-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/19896/3/jiptummpp-gdl-adhelesafe-30217-3-babii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/19896/
Daftar Isi:
  • Pada prinsipnya gaya hidup adalah pola seseorang dalam mengelola waktu dan uangnya. Gaya hidup akan mendorong konsumen untuk melakukan pembelian. Selain itu gaya hidup juga akan mempengaruhi sesorang untuk menentukan pilihan-pilihan konsumsinya. Gaya hidup ditunjukkan oleh perilaku seseorang yang menganut nilai-nilai dan tata hidup yang hampir sama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya hidup konsumen dalam mengkonsumsi Luwak White Koffie (Studi Pada Masyarakat yang Tinggal di Perumahan Griya Shanta Kota Malang). Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan cluster. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dengan mengunakan analisis cluster maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Pada cluster I menunjukkan karakteristik gaya hidup konsumen dalam mengkonsumsi Luwak White Koffie ditentukan oleh pekerjaan, keluarga, atas dorongan sendiri, kondisi ekonomi, tingkat pendidikan, kualitas dan kebiasaan para responden. Cluster II tidak memiliki karakteristik tertentu dan pada cluster ketiga ini memiliki ciri yaitu merasa suka terhadap produk, kegiatan yang dilakukan oleh konsumen dan media informasi yang digunakan atas keberadaan Luwak White Koffie. Saran yang dapat diajukan dalam penelitian ini yaitu diharapkan perusahaan dalam menetapkan harga produk dapat bersaing dengan produk sejenis. Diharapkan perusahaan selalu melakukan atau memberikan informasi terkait dengan keberadaan produk, upaya nyata yang dapat dilakukan yaitu dengan meningkatkan intensitas penayangan iklan baik melalui media cetak maupun elektronik. Perusahaan diharapkan selalu menjaga atas kualitas produk yang ditawarkan sehingga jaminan kepuasan konsumen dapat terwujud.