Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe kepala bernomor terstruktur untuk meningkatkan aktivitas belajar matemetika siswa (penelitian tindakan kelas di SMP Islam al-Ikhlas Cipete)

Main Author: Mariyatul Qibthiyah
Other Authors: Dede Rosyada, Maifalinda Fatra
Format: Bachelors
Terbitan: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2010
Online Access: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/21592
Daftar Isi:
  • ii: 114 hal.; 24 cm
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Apakah model Pembelajaran Kooperatif tipe Kepala Bernomor Terstruktur dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa, 2) Bagaimanakah respon siswa terhadap penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Kepala Bernomor Terstruktur pada pelajaran matematika, 3) Apakah model Pembelajaran Kooperatif tipe Kepala Bernomor Terstruktur dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Islam Al-Ikhlas Cipete Tahun Ajaran 2009/2010. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas, jurnal harian siswa, wawancara, catatan lapangan, dan tes. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Kepala Bernomor Terstruktur dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa, dari persentase rata-rata sebesar 58,4% pada siklus I meningkat menjadi 75% pada siklus II. Aktivitas-aktivitas yang meningkat pada penelitian ini diantaranya aktivitas visual 80%, aktivitas oral 70%, aktivitas menulis 75%, aktivitas mental 70%, dan aktivitas 80%. Semoga hasil penelitian ini bermanfaat dalam upaya meningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.