Pengaruh pengungkapan corporate social responsibility terhadap profitabilitas pada perusahaan industri makanan dan minuman yang terdaftar di bursa efek indonesia

Main Author: Aufah Adniyah Lukman
Format: Book
Bahasa: ind
Terbitan: perbanas institute , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.perbanas.id//index.php?p=show_detail&id=26053
Daftar Isi:
  • PEMBIMBING:Primadona Ratna Mutumanikam_Tanggung jawab sosial merupakan suatu konsep dimana perusahaan memiliki rasa tanggung jawab untuk kepentingan masyarakat dan lingkungan sekitar. Seperti melaksanakan kegiatan-kegiatan sosial, fasilitas umum, penghematan energi, pengolahan limbah, diadakan posko-posko donor darah, diberikan taraf kehidupan masyarakat dengan memberikan lahan pekerja-pekerja secara bekerjasama dengan perusahaan secara terampil berguna untuk masa depan yang lebih baik. Tanggung jawab sosial perusahaan terdiri dari tiga indikator diantaranya ekonomi, sosial, dan lingkungan. Profitabilitas diukur menggunakan return on asset. Sample yang digunakan dalam penelitan ini adalah perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sebanyak 10 perusahaan dari tahun 2011 sampai dengan 2015. Data tersebut annual report atau laporan keuangan diperoleh dari www.idx.co.id. Pengungkapan berdasarkan pada informasi GRI (Global Reporting Inisiative) yang diambil beberapa poin-poin tertentu. Pengaruh CSR ditentukan dari signifikansi yang telah diolah oleh peneliti. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Maka dapat diketahui CSR mempengaruhi profitabilitas atau bahkan sebaliknya. Hasil dari penelitian ini bahwa CSR (ekonomi, sosial, dan lingkungan) tidak berpengaruh terhadap profitabilitas.
  • vi;54hlm.:ilus.; 30cm.