Pemaknaan Tanda dalam Iklan (Analisis Semiotika terhadap Iklan “Semangat Baru” Ilham-Aziz)
Main Author: | Mursyid, Muh. |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/8355/1/M.%20MURSYID.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/8355/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan hasil analisis, peneliti menyimpulkan makna denotatif iklan “semangat baru” adalah upaya Ilham-Aziz dalam menyosialisasikan diri, mempersuasi dan membuat pencitraan untuk memperoleh dukungan dari masyarakat Sulawesi Selatan pada pemilihan gubernur 2013, makna konotatifnya adalah Ilham-Aziz mengajak masyarakat untuk tidak mendukung Syahrul Yasin Limpo (SYL), masyarakat seharusnya mendukung pasangan Ilham-Aziz karena pasangan inilah satu-satunya kandidat yang memenuhi kriteria pemimpin ideal untuk Sulawesi Selatan. Proses penyampaian pesan persuasifnya dikomunikasikan melalui 4 (empat) tahap, yaitu: mengajak masyarakat untuk tidak memilih kandidat lain (SYL), menginformasikan prestasi-prestasi Ilham selama menjabat sebagai walikota Makassar, menggambarkan karakter Ilham Aziz sebagai pribadi yang merakyat, sederhana dan religius kemudian ditutup dengan menampilkan misi Ilham-Aziz.