Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas IV MIN Sepabatu Kec. Tinambung Kab. Polewali Mandar
Main Author: | Anas, Munawir |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/7717/1/MUNAWIR%20ANAS-.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/7717/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif diperoleh nilai rata-rata peserta sebelum diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) sebesar 30,50 dan nilai rata-rata setelah diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) sebesar 78,38, Hasil analisis statistik inferensial diperoleh diperoleh t hitung 50,45 > t tabel 1,675 dan diperoleh hasil perhitungan SPSS 23 sign. < = 0,05 (0,045 < 0,05) dalam artian H0 ditolak dan H1 diterima, dengan tingkat kepercayaan 95 % dikatakan bahwa rata-rata nilai hasil belajar peserta didik sebelum penerapan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) tidak sama dengan rata-rata nilai hasil belajar peserta didik setelah penerapan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning). Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) terhadap hasil belajar peserta didik setelah penerapan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning).