Perbandingan Metode Pembelajaran Problem Based Learning(PBL) dengan Metode Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa pada materi Sistem Pencernaan Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bangkala Barat Kab. Jeneponto
Main Author: | Hartati, Hartati |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/6324/1/Hartati.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/6324/ |
Daftar Isi:
- Analisis data menunjukkan hasil belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Bangkala Barat Kab. Jenepontopada materi Sistem Pencernaan yang diajar denganmelalui; pertama metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL)berada pada kategori sedang, dengan persentase 35% dari 20 peserta didik dan nilai rata-rata sebesar 79. Sedangkan metode pembelajaran Mind Mapping hasil belajar berada pada kategori sedang, dengan nilai rata-rata 68 dengan peningkatan 11. Hasil analisis uji hipotesis menggunakan uji-tdiperoles nilai t hit =3,489dan nilai t=2,024dengandk38.Dimana nilai t hit>t tab sehinggaH 0 ditolak,H 1 tab diterima.Dengan demikian terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang diajar melalui metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Mind Mapping pada materi sistem pencernaan pada kelasXI SMA Negeri 1 Bangkala Barat Kab. Jeneponto.