Perbandingan Metode Pembelajaran Problem Based Learning(PBL) dengan Metode Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa pada materi Sistem Pencernaan Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bangkala Barat Kab. Jeneponto

Main Author: Hartati, Hartati
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/6324/1/Hartati.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/6324/
Daftar Isi:
  • Analisis data menunjukkan hasil belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Bangkala Barat Kab. Jenepontopada materi Sistem Pencernaan yang diajar denganmelalui; pertama metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL)berada pada kategori sedang, dengan persentase 35% dari 20 peserta didik dan nilai rata-rata sebesar 79. Sedangkan metode pembelajaran Mind Mapping hasil belajar berada pada kategori sedang, dengan nilai rata-rata 68 dengan peningkatan 11. Hasil analisis uji hipotesis menggunakan uji-tdiperoles nilai t hit =3,489dan nilai t=2,024dengandk38.Dimana nilai t hit>t tab sehinggaH 0 ditolak,H 1 tab diterima.Dengan demikian terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang diajar melalui metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Mind Mapping pada materi sistem pencernaan pada kelasXI SMA Negeri 1 Bangkala Barat Kab. Jeneponto.