Hubungan Customer Relationship Management terhadap Loyalitas Pasien Rawat Inap di RS Ibnu Sina Kota Makassar Tahun 2017
Main Author: | Amal, Rezky Amalia |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/13334/1/REZKY%20AMALIA%20AMAL%2070200113032.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/13334/ |
Daftar Isi:
- Customer Relationship Management (CRM) sebagai suatu proses dimana membangun hubungan antara perusahaan dengan nasabah dengan meningkatkan nilai dan kepuasan pelanggan yang dilakukan dengan cara mengidentifikasi pelanggan dengan membentuk persepsi mengenai produk atau organisasi atau jasa yang ditawarkan melalui pemasar, penjual, layanan, dan layanan pendukung yang membuat pelanggan untuk menjadi loyal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Customer Relationship Management terhadap Loyalitas Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Ibnu Sina Kota Makassar Tahun 2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, pendekatan penelitian analitik observasional dengan cross sectional study dengan populasi sebanyak 18304 orang dan jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 391 orang. Analisis data yang dilakukan adalah univariat dan bivariat dengan uji chi square. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara continuity marketing (kelangsugan pemasaran) terhadap loyalitas pasien (p= 0,000), one to one marketing (pemasaran perseorangan) (p=0,000), sedangkan partnering program (program kemitraan) tidak ada hubungan yang signifikan dengan nilai p=0,090. Diharapkan agar Customer Relationship Management maupun loyalitas lebih ditingkatkan.