Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (prolem based learning) terhadap hasil belajar kimia siswa pada konsep minyak bumi (penelitian eksperimen di Madarasah Aliyah Negeri 13 Jakarta)
Main Author: | WIDYANINGSIH, Wuri |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kimia siswa pada konsep Minyak Bumi melalui model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Jumlah sampel adalah 56 siswa yang terdiri dari 28 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 28 siswa sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis yang meliputi pretes dan postes dalam bentuk pilihan ganda dengan jumlah 25 butir serta lembar observasi untuk guru dan siswa.. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas melalui uji Lilliefors dan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fischer, dan dilanjutkan dengan uji signifikansi dengan menggunakan uji-t, diperoleh thitung = 3,69; sedangkan ttabel pada taraf signifikansi 5% = 2,00 atau thitung > ttabel. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar kimia siswa pada konsep minyak bumi dapat diterima